Keren, Mahasiswa Ini Temukan Jamur Pembasmi Hama Tanaman

INSEKTISIDA AMAN: Derdy Janli berharap bioinsektisida dengan menggunakan organisme entomopatogen mampu dijadikan insektisida alternatif yang aman bagi para petani.

Didasari Keinginannya untuk membantu para petani menemukan alternatif insektisida sintetik membuat Mahasiswa ini melakukan penelitian pembasmi hama.

Hasilnya, Derdy Janli mahasiswa Jurusan Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) ini berhasil menemukan organisme entomopatogen dan merupakan jamur yang dapat dipergunakan sebagai bahan bioinsektisida.

“Awal ketertarikan saya meneliti jamur untuk alternatif pembasmi serangga ini adalah ketika menemukan fakta mengenai berbagai dampak negatif yang dapat terjadi akibat dari penggunaan insektisida sintetik,” tutur Derdy menyebutkan alasan penelitian.

Derdy Janli menjelaskan bahwa tidak hanya kerusakan pada konservasi lingkungan saja sebagai dampak negatifnya, tetapi penggunaan racun pembasmi serangga ini dapat mengganggu kesehatan para petani.

“Selain itu mungkin masih banyak, namun yang menjadi fokus saya adalah bagaimana caranya agar petani tetap bisa menggunakan insektisida yang ampuh bagi membunuh hama tanaman namun tetap aman,” tegasnya.

Diawali dengan percobaan dengan mengambil sampel tanah yang ada di Kota Batu sebanyak 300-400 gram, Derdy kemudian meletakkan sepuluh ulat Hongkong yang dia biarkan satu hingga dua minggu hingga mati.

Derdy menjelaskan Jamur dilarutkan ke media cair dengan formulasi khusus untuk diambil racunnya, cairan tersebut langsung bisa disemprotkan ke hama pengganggu tanaman.

Karena membunuh hama tanaman dengan aman, Derdy yakin bila temuannya ini sanggup menjawab kebutuhan para petani yang selama ini masih menggunakan insektisida sintetik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here