Kepala BEKRAF Buka PARARA 2017

Komunitas Lokal Diminta Perhatikan HAKI

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Triawan Munaf membuka Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) 2017, Jumát (13/10) di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Dalam opening ceremony tersebut, Triawan didampingi oleh Ketua Konsorsium PARARA Jusupta Tarigan, keduanya menabuh Tifa sebagai tanda dimulainya festival dua tahunan ini.

Dalam sambutannya, Triawan kembali mengingatkan agar komunitas pelaku ekonomi kreatif segera mengurus pendaftaran merek, Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ataupun Indicator Geographical (IG) sebagai perlindungan terhadap kekayaan nusantara. Produk-produk yang ditampilkan PARARA menurut Triawan merupakan represetasi kekayaan nusantara, sehingga perlu dilestarikan dan juga dilindungi.

Produk-produk kreatif disini jika tidak dilindungi oleh HAKI atau IG, dikhawatirkan akan diambil oleh org yang tidak berhak. Jangan lupa didaftarkan, sehingga produk yang dikembangkan dapat terlindungi dan menjadi produk yang bernilai ekonomi. Itulah artinya nilai tambah, value chain,” pesan Kepala BEKRAF.

Senada dengan Triawan, Ketua Konsorsium PARARA Jusupta Tarigan juga menyampaikan kekhawatirannya terhadap perlindungan produk-produk lokal. “PARARA bertujuan mendukung ekonomi komunitas lokal secara adil dan lestari dimana pengelolaan produk komunitas lokal nantinya dapat mempertahankan kearifan lokal dan lingkungan,”ujarnya.

Festival PARARA merupakan agenda dua tahunan yang digagas konsorsium yang terdiri dari 27 LSM, NGO dan organisasi masyarakat yang berfokus pada pengembangan perekonomian lokal berbasis kearifan lokal. Diantara anggota konsorsium tersebut adalah NTFP-EP,WWF Indonesia, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), ASPPUK, JKTI, KEHATI, GEF SGP,Kemitraan dan lain-lain.

Festival PARARA akan berlangssung hingga Minggu (15/10). Selain menampilkan ragam produk karya pengrajin dari seluruh nusantara, PARARA juga menggelar sejumlah diskusi tentang kewirausahaan, ekonomi kreatif dan managemen keuangan. Bagi para entusiast kopi, dapat menikmati sesi cupping dan mencicipi kopi berkualitas asal Indonesia serta kompetisi Aeropress. Tak hanya untuk kalangan dewasa, anak-anakpun dapat menikmati PARARA bersama dongeng dari PM Toh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here