Kenalkan Indonesia Pada Masyarakat Prancis Lewat Batik Printing Workshop

Dalam rangka mengenalkan Indonesia pada masyarakat Prancis dan sebagai salah satu rangkaian kegiatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Prancis, pada tanggal 5 Desember 2020, KBRI Paris menyelenggarakan Batik Painting Workshop yang dipandu oleh Erlina Doho, pelukis Indonesia yang tinggal di Prancis.  Mengingat masih dalam situasi semi lockdownWorkshop berlangsung secara hybridoffline dan online dengan total 18 peserta.

Peserta yang hampir semuanya belum pernah ke Indonesia terlihat antusias dan menikmati proses pelukisan di atas kanvas berbagai motif batik Indonesia seperti kawung, bunga, garuda, parang. Di balik motif-motif batik tersebut terdapat filosofi tinggi sebagai bagian dari budaya Indonesia yang diwariskan oleh para leluhur. Berawal dari melukis batik, KBRI Paris mengajak peserta untuk mengenal Indonesia dan  mengunjunginya nanti seusai pandemi.

Di akhir acara, peserta menikmati kuliner Indonesia : batagor, martabak dan bubur ketan hitam dari Restoran Indonesia « Bornéo à Paris ».

Batik Painting Workshop juga merupakan bagian dari CREATIVE INDONESIA yang berlangsung di Paris dari Desember 2020 hingga Januari 2021, menampilkan produk-produk dengan nilai desain dan kreativitas tinggi untuk perabotan, dekorasi, fashion dan kerajinan tangan karya desainer kontemporer Indonesia.

​CREATIVE INDONESIA diselenggarakan oleh KBRI Paris bekerja sama dengan ITHEMBA Design Ethik salah satu butik di area Viaduc des Arts Paris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here