Kemeriahan Konser Musik Angklung di Pusat Kota Sydney

Angklung memang dikenal sebagai kesenian tradisional dari jawabarat namun popularitas angklung juga dikenal hingga mancanegara, di pusat kota Sydney, Australia, tepatnya Martin Place, salah satu pusat keramaian Kota Sydney dimeriahkan dengan konser musik Angklung oleh Tim Muhibah Angklung dari Bandung, Jawa Barat.

Penampilan Tim Muhibah Anklung di Sydney terselenggara atas dukungan penuh KJRI Sydney, bekerja sama dengan komunitas dan diaspora Indonesia di Sydney dan sekitarnya. Dilansir laman Kemlu Penampilan Tim Muhibah Anklung di Sydney sekaligus menutup rangkaian tur di Australia, setelah sebelumnya kelompok tersebut tampil di Melbourne, Brisbane, dan Canberra.

Kombinasi sempurna antara musik tradisional Angklung, lagu dan tari-tarian khas Indonesia oleh sebanyak 47 orang anggota Tim Muhibah Angklung di area terbuka Martin Place mengundang perhatian publik setempat dan masyarakat Indonesia, baik yang datang secara khusus untuk menyaksikan, maupun yang sekedar melewati di sekitar area penampilan. Acara pementasan Muhibah Angklung berlangsung selama hampir dua jam. Penampilan tim tersebut sesekali diselingi sesi interaktif antara pembawa acara dan penonton.

“Saya senang sekali menyaksikan penampilan memukau dan luar biasa dari kelompok musik ini. Kombinasi antara musik, tari, dan lagu sangat menghibur. Selain itu, menurut saya, program seperti ini positif dalam mempromosikan kekayaan budaya, seni, dan musik tradisional sebuah bangsa”, ungkap seorang perempuan muda asal Polandia yang sejak konser dimulai tidak beranjak dari tempat duduknya ketika ditanyai pembawa acara.

“Saya sangat suka Anglung! Saya sudah pernah ke Indonesia dan saya sangat tertarik dengan seni dan budaya Indonesia”, lanjut perempuan muda tersebut yang diketahui bernama Joan.

Lebih dari 300 orang berkumpul di Martin Place untuk menyaksikan pementasan di Sydney dari jam 12 siang hingga jam 14.00 waktu setempat tersebut. Jumlah ini belum termasuk ratusan publik setempat yang melewati area Martin Place namun sesekali mengarahkan mata ke panggung pertunjukan.

KJRI Sydney senantiasa mendukung berkolaborasi baik dengan komunitas dan diaspora setempat maupun kelompok-kelompok seni dari Indonesia untuk mempromosikan seni dan budaya khas Indonesia kepada publik di Australia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here