Kementerian Luar Negeri Raih Maturitas SPIP Tingkat 3 dan Kapabilitas APIP Tingkat 3

Kementerian Luar Negeri meraih penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tingkat 3 dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Tingakt 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Penghargaan penilaian tersebut diserahkan oleh Plt Kepala BPKP, Iswan Elmi, kepada Menlu Retno L.P. Marsudi, pada Kamis (17/10) di Kementerian Luar Negeri, Pejambon.

Dalam keterangan persnya, Menteri Luar Negeri dalam sambutannya menyatakan terima kasih  dan penghargaan atas kerjasama BPKP, sehingga Kemlu berhasil mencapai Tingkat 3 untuk maturitas SPIP dan kapabilitas APIP, yang berarti sekaligus dapat memenuhi target Bapak Presiden Jokowi dalam RPJMN 2015 – 2019.

Menteri Luar Negeri meyakini bahwa SPIP yang berfungsi baik dan APIP yang kapabel merupakan dua pilar penting dalam tata kelola pemerintahan yang baik untuk mewujudkan akuntabilitas, good governance dan clean government.  Penguatan sistem dalam dua pilar penting tersebut diharapkan akan dapat memberi keyakinan memadai atas: keandalan laporan keuangan; pengamanan aset negara; pelaksanaan kegiatan yang efektif dan efisien; dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Menteri Luar Negeri Luar Negeri meminta kepada seluruh jajaran Kemlu untuk dapat menjadikan perolehan penghargaan Tingkat 3 ini sebagai dorongan bagi Kemlu Pusat maupun di Perwakilan untuk lebih bertanggungjawab dalam meningkatkan kinerja dan memperkuat tata kelola pemerintahan, termasuk melalui penguatan proses bisnis di Kemlu yang terintegrasi melalui sistem digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here