KBRI Den Haag Berhasil Raih Sertifikasi ISO 9001

KBRI Den Haag berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 dari Bureau Veritas Inspection and Certification, the Netherlands B.V selaku badan sertifikasi terhadap layanan kekonsuleran KBRI Den Haag yang sudah memenuhi standarisasi internasional. Sertifikat asli ISO 9001:2015 diserahkan oleh WQM Management Consultant selaku internal auditor kepada Duta Besar Indonesia untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja (25/02/2020).

Dalam keterangan pers yang diterima kabarrantau.com, proses meraih sertifikasi ISO 9001:2015 ini berjalan panjang, dimulai pada bulan April 2019 untuk menetapkan cakupan sertifikasi dan menentukan langkah kerja audit atau action-plan. Langkah berikutnya adalah penilaian dan pengujian secara berkala terhadap Standard of Procedures layanan kekonsuleran melalui metode wawancara investigatif, analisa umpan-balik masyarakat dan pengecekan dokumen-dokumen terkait. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan seluruh aspek layanan kekonsuleran KBRI Den Haag telah sesuai dengan standar Management Quality System ISO 9001:2015.
Layanan kekonsuleran KBRI Den Haag berjumlah lebih dari 25 layanan legalisasi menjadi objek utama audit akhir tesebut. Sertifikasi ini selanjutnya melalui tahapan verifikasi 83 SoP, penyiapan 76 jenis dokumen pendukung, setidaknya 400 kali diskusi internal dan 500 jam akumulasi waktu yang didedikasikan untuk analisa terhadap SoP (makro-mikro) layanan kekonsuleran KBRI Den Haag.

Sertifikat ISO 9001:2015 bagi KBRI Den Haag ini berlaku selama 3 (tiga) tahun, sejak 18 Desember 2019 s/d 18 Desember 2022. Perolehan sertifikasi ini merupakan salah satu perwujudan komitmen KBRI Den Haag untuk menjaga dan secara konsisten meningkatkan kualitas pelayanannya kepada WNI dan Badan Hukum Indonesia di wilayah Belanda. Hal ini sejalan dengan salah satu prioritas kebijakan luar negeri pemerintah saat ini, yaitu memberikan yang terbaik bagi upaya perlindungan untuk seluruh WNI/BHI di luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here