Kayu Papua Dikenal Kaya Khasiat

kayu ular papua

Negara Indonesia Memiliki Sumber daya alam yang melimpah yang kerap disebut surganya kekayaan hayati, dan berbagai tanaman yang tumbuh di alam tropis banyak di gunakan oleh negara luar sebagai obat, yang kurang diberdayakan oleh pemerintah setempat.

Salah satu jenis tanaman yang berpotensi sebagai obat herbal adalah kayu ular. Namanya cukup unik, Tak hanya namanya yang unik, penampakan tanaman inipun juga unik. Ia mirip dengan tanaman jeruk, hanya saja tak bercabang dan mirip ular yang bergerombol. alasan itulah ia dinamai kayu ular.

Paling tidak terdapat 45 macam obat penting yang beredar di Amerika Serikat berasal dari 14 species tumbuhan Indonesia. Potensi tanaman obat jelas sangat besar.dan Indonesia dengan kekayaan alamnya banyak menjadi penelitian dan dimanfaatkan negara luar, banyaknya penyakit kronis, kegagalan obat modern, mahalnya obat dan komplikasi dipandang sebagai kesempatan dalam pengembangan obat herbal.

melihat dari sumbernya, kayu ular ini asli dari tanah Papua. Tanaman yang bernama latin Strychons lucida ini kerap dimanfaatkan oleh warga Papua untuk di jadikan obat tradisional. Adapun kandungan kimiawi yang terdapat pada tanaman ini antara lain adalah alkoloid dan saponin. Sedangkan pada bagian biji dan batang kayunya memiliki kandungan antioksidan dan anti bacteria. Itulah sebabnya kayu ular ini memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

Kayu ular banyak di temukan di daerah pegunungan Papua, sekitar 100-300 meter diatas permukaan laut. Pohonnya memiliki diameter 30 cm. Selain di daerah pegunungan, pohon kayu ular ini juga pernah ditemukan tumbuh di pinggiran sungai.

dilihat dari khasiatnya di Papua, tanaman ini kerap dijadikan sebagai obat alami penggilas penyakit malaria. Namun, ternyata efek farmakologis tanaman ini sangatlah banyak, tak hanya melulu dijadikan obat malaria, tapi juga untuk mengobati penyakit lainnya. Adapun khasiat kayu ular lainnya adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi Diabetes. Karena kaya akan zat saponin maka tanaman ini mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Khasiat tersebut sangat cocok bagi para penderita diabetes, caranya dengan mengolahnya menjadi minuman herbal.

2. Mencegah resiko kanker. Tanaman ini kaya akan antioksidan dan anti bakteri. Sifat tersebut sangat penting dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh, serta mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

3. Meredakan demam. Menurut riset, kayu ular ini diketahui memiliki kandungan zat galat dan tanin di dalamnya. Zat ini di yakini dapat menurunkan demam tubuh. Selain itu zat tanin dan galat juga memiliki sifat anti radang, yang membantu menurunkan resiko infeksi pada organ dalam tubuh.

4. Mengatasi sakit perut. Minuman herbal kayu ular papua ini memliki sifat anti radang untuk mengatasi sakit di perut.

5. Mengatasi Kista. Sifat anti peradangan pada kayu ular mampu mencairkan gumpakan darah kotor dan mengeluarkannya. Sifat ini sangat baik untuk membantu mengatasi kista.

Selain mampu mengobati penyakit tersebut di atas, kayu ular pun dapat mengobati darah tinggi, mencegah resiko jantung, mengobati darah kotor, mengobati wasir, Mengatasi masalah nafsu makan, mengatasi gejala stroke, mengobati rematik, paru-paru basah, memperbaiki syaraf otak, menjaga fungsi kekebalan tubuh, dan melancarkan buang air kecil.

Memang Seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia dapat memanfaatkan kekayaan alam di negeri sendiri dan mengolah untuk kebutuhan umat manusia, sayangnya hal tersebut kurang diberdayakan dan hanya negara luar yang mengerti dan memnfaatkan kekayaan alam tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here