KASADMA GELAR TALKSHOW REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Pengurus Pimpinan Pusat (PP) periode 2018-2021 Keluarga Alumni SMA Negeri 1 (KASADMA) Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang yang berada sekitar 13 km dari gunung Merapi menggelar talkshow yang bertemakan “Menghadapi Tantangan Generasi Muda di Era Revolusi Industri 4.0“ pada tanggal 5 Agustus 2019 yang bertempat di Lab Biologi SMA N 1, Dukun.
Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama diaspora Jerman, Divisi Luar Negeri Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI) yang diwakili oleh Eva Reinhard, sekaligus sebagai pembawa materi talkshow. Acara diikuti oleh siswa/siswi SMAN 1 Dukun , keluarga alumni dan beberapa guru.
Ketua Umum KASADMA drh David Ardiyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan talkshow tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan maupun konsep pemikiran siswa/siswi terkait pengalaman dan ilmu yang bermanfaat, peluang masa depan sebelum mereka memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut di perguruan tinggi. Di era revolusi industri 4.0 dibutuhkan kreatifitas dan ketrampilan, karena di era tersebut sudah bermunculan tekhnologi baru dan modern yang akan terus berkembang.

Eva Reinhard wakil Divisi Luar Negeri Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI) memberikan materi talkshow kepada siswa/i SMAN 1 Dukun, Magelang

Menyikapi kondisi tersebut pimpinan pusat KASADMA menganggap perlu adanya kegiatan-kegiatan semacam ini, agar generasi revolusi industri 4.0 mengetahui tantangan yang akan terus berkembang. Pemikiran-pemikiran yang berguna dan bermanfaat perlu disebarluaskan tidak hanya cukup dalam acara talkshow saja tetapi harus berkelanjutan, bekerjasama dengan para diaspora berbagai negara.
Eva Reinhard, Divisi Luar Negeri –Jerman Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI) menyampaikan di era revolusi industri 4.0 dibutuhkan generasi yang selalu inovatif, kreatif, produktif, menciptakan ide-ide dan karya cipta yang bermanfaat bagi orang lain dan negara bangsa. Generasi muda Indonesia tidak boleh menjadi korban dari revolusi industri 4.0 itu sendiri, tetapi harus ikut berperan aktif sebagai pelaku.
Perlunya ditanamkan kreatifitas, kompetensi, berpikiran kritis, penguasaan beberapa bahasa asing dan terampil berkomunikasi sejak dini adalah hal-hal yang menjadi bekal untuk menghadapi era modern yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber, lanjut Eva Reinhard.

Siswi SMAN 1 menyampaikan sesi tanya jawab dalam Talkshow

Sebagai penutup, Divisi Luar Negeri-Jerman GKI menawarkan program Bahasa Jerman gratis secara online untuk siswa/siswi maupun keluarga alumni bagi yang berminat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here