Karya Kaki Prostetik Buatan Anak Bangsa

Terbatasnya akses kerja bagi para penyandang disabilitas membuat AFTA BIONIC tergerak untuk melakukan perubahan. Mereka pun kemudian merancang sebuah kaki prostetik (kaki buatan) yang diluncurkan di Jakarta pada 5 Desember 2019 lalu.

Dalam talkshow berjudul “Changing Disability into Ability” di @america, Pacific Place, Jakarta, diperkenalkan kaki prostetik buatan AFTA BIONIC. Kaki buatan ini dinilai dapat menyelesaikan permasalahan kaki prostetik yang kerap tidak sesuai dengan standar kesehatan dan kebutuhan difabel.

Peluncuran produk kaki prostetik AFTA BIONIC | Foto: Dok. Campaign

“Kami ingin kaki prostetik ini menjadi langkah awal bagi difabel meraih mimpi, karena kami tidak hanya
menyediakan kaki palsu, melainkan menjadikan difabel partner bagi kami untuk selanjutnya memiliki
skill kerja yang bersaing,” ungkap Team Leader and Product Development AFTA BIONIC, Arifin Julian.

Dikutip dari siaran pers yang diterima GNFI, kaki prostetik ini dijual dengan harga Rp3 juta dengan kualitas yang tetap menyesuaikan standar difabel, yaitu nyaman dipakai dan tidak menyakitkan.

Harapannya, kaki prostetik ini tidak sekadar dipakai, tapi juga dapat meningkatkan semangat meraih mimpi dan menghapus label keterbatasan yang ada. Ini sesuai dengan nilai yang dibawa Afta Bionic, yaitu #ChangeDisabilityintoAbility

Sesi talkshow “Changing Disability into Ability” | Foto: Dok. Campaign

AFTA BIONIC merupakan sebuah usaha sosial yang dilahirkan oleh dua orang mahasiswa Fakultas Teknik
dan seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi. Mereka berkomitmen membantu difabel, terutama difabel gerak, dan mendorong perusahaan serta platform sosial lainnya untuk membantu difabel meraih mimpi melalui penyediaan kaki dan tangan prostetik.

Ke depannya, AFTA BIONIC berharap bukan sekadar menyediakan kaki dan tangan prostetik bagi difabel, tetapi berupaya mendorong difabel untuk meningkatkan skilldan passion-nya, sehingga dapat berkompetisi di industri kerja bersama non difabel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here