Karnaval Kostum UNY Raih Juara World Costume Festival di Filipina

FT UNY JUARA PERTAMA WORLD COSTUM FESTIVAL 2016 FILIPINA

Untaian kalimat selamat berdatangan untuk tim karnaval Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Pasalnya tim ini mampu mengharumkan kembali nama kampus juga nama bangsa di ajang Internasional. Tim karnaval UNY ini berhasil memboyong title sebagai Juara Umum di ajang World Costume Festival Filipina. setelah sebelumnya, UNY juga meraih juara pertama dalam dua kategori lomba yakni Booth Competition dan Costume Design Competition di Filipina.

Tim Kostum Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta selain dinobatkan menjadi Juara Umum World Costume Festival di Filipina setelah meraih juara pertama dalam dua kategori lomba yakni Booth Competition dan Costume Design Competition (20-26/10) di Filipina.

Festival World Costume Festival sendiri adalah ajang perlombaan tingkat dunia diselenggarakan tiap tiga tahun sekali. Event ini merupakan ajang yang sangat bergengsi dikalangan designer costum tingkat Internasional. World Costum Festival dikemas sempurna oleh Organization of International Scenographers, Theater Architects and Technicians (OISTAT). World Costume Festival dilaksanakan pada tanggal 20-26 Oktober 2016 di Vigan City Ilocos Sur, Philippines.

Tim Karnaval FT UNY mengikuti World Costume Festival untuk kedua kalinya tahun ini dan, sebelumnya pada tahun 2013. Pada World Costume Festival 2016 Tim Karnaval FT UNY diundang oleh Walikota Vigan karena pada tahun 2013 Tim Karnaval FT UNY mendapatkan predikat Juara 1.

Pada World Costum Festival 2016, selain kompetisi kostum, ada serangkaian kegiatan yang harus diikuti diantaranya, workshop, acoustic competition, flight of sky lanterns, raniag electric float parade, candle floater dan raniag street dancing.
Tim Karnaval FT UNY mengirimkan 11 orang termasuk Dosen Pembina UKMF Karnaval FT UNY Afif Ghurub Bestari, M.Pd. Tim ini terdaftar sebagai 5 entri, dengan masing-masing judul; “PRABHA” “MEMBARUPA”, “WUYUNG”, “CIDRA”, “PUNGGAWA” dalam perlombaan tersebut. Ada 2 kategori perlombaan dalam World Costume Festival yaitu;1. Booth Competition 2. Costume Design Competition. Berbagai Negara mengikuti World Costume Festival diantaranya; Filipina, Jepang, India, Mesir, Nigeria, Amerika Serikat dan Indonesia. Sedangkan delegasi dari Indonesia adalah Tim Karnaval FT UNY dan Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Setelah sesi penilaian booth dan parade kostum, pihak panitia langsung mengumumkan kejuaraan World Costum Festival dengan hasil sebagai berikut; kategori Booth Competition: Juara 1 Tim FT UNY Indonesia, Juara 2 Filipina, Juara 3 Filipina dan kategori Costume Design Competition: Juara 1 Tim FT UNY Indonesia, Juara 2 Jepang, Juara 3 Filipina.

Dalam kemenangan tersebut Tim Karnaval FT UNY menjadi Juara Umum memenangkan juara 1 dalam dua kategori. Setelah penyerahan trofi, Laura Crow sebagai juri dari OISTAT mengatakan “Saya sangat menantikan penampilan Tim FT UNY sejak persiapan booth competition hingga sewaktu penampilan parade dan memang sangat mengagumkan”.
Walikota Vigan City pada saat pertemuan dengan para wakil delegasi di City Hall juga memberikan kredit dan sanjungan kepada Tim Karnaval FT UNY “Karya-karya dari Tim FT UNY sangat menginspirasi masyarakat Kota Vigan Filipina dalam pembuatan kostum seni pertunjukkan terutama semenjak kemenangan Tim Karnaval FT UNY sebagai Grand Champion World Costume Festival tahun 2013.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here