Karateka Indonesia Taklukkan 4 Negara, Pulang Bawa Medali Emas

-Muhammad Zulfikri Firmansyah memenuhi undangan Kapolda Riau

Indonesia kembali patut berbangga dengan prestasi yang di raih atletnya, kali ini atlet Karateka Muhammad Zulfikri Firmansyah asal Riau itu berhasil menyabet medali emas dalam ajang Karate Shoto Asean-Japan di Vietnam pada 15-18 Desember lalu.

Atlet binaan RAPP yang tergabung dalam Institut Karate Do Nasional (Inkanas) itu berhasil meraih medali emas usai menjadi pemuncak dalam kategori Junior.

Prestasi yang membanggakan itu turut diapresiasi oleh Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain. Dia mengundang para atlet yang ikut bertanding ke kantornya. Dalam kesempatan itu, Kapolda turut merasa berbangga diri. Bagaimana tidak, dari 125 atlet yang berasal dari 4 negara, Zul -sapaan akrab putra kelahiran 1999 itu- berhasil keluar sebagai pemuncak.

“Saya dahulu atlet silat juga loh. Karena ikut silat inilah makanya say masuk polisi. Dahulu saya pernah juara 3 tingkat SLTA di Palembang. Waktu itu namanya Himpunan Seni Silat (Himpsi),” kenang Kapolda.

Kapolda sempat menawarkan agar Zul jadi polisi saja. Karena Polri sendiri membutuhkan anak bangsa yang berprestasi seperti Zul. Dia juga sangat berterimakasih karena telah memenuhi undangannya.

Usai pertemuan bersama Kapolda, Zulfikri kepada Riau Pos menceritakan awal keberangkatan ke Vietnam. Zul bersama atlet lain se-Indonesia yang berjumlah 33 orang dilepas oleh Ketua PB Inkanas Jenderal Pol (Purn) Badrodin Haiti. Kemudian mereka berangkat dari Jakarta menggunakan pesawat Singapore Airlines.

“Sampai di Vietnam istirahat 1 hari besok langsung tanding. Yang agak berat itu lawan atlet Vietnam. Mereka tuan rumah,” kata Zul bercerita.

Dalam keseharian Zul dibina dalam Pusat Pendidikan Latihan Atlit Masa Depan. Dimana PPLAMD sendiri merupakan binaan dari PT RAPP.

Memang latihan yang dijalani Zul sangat berat. Karena dalam meraih keberhasilan, kata Zul memang tidak mudah. Maka dari itu dia berpesan kepada seluruh atlet di Riau agar tidak mudah menyerah. “sebetulnya gak dianggap sulit tapi diikuti. Dibawak rileks. Tak dibawa tegang,” tutur Remaja yang sudah mengoleksi 15 emas sepanjang kariernya itu, selamat kepada┬áMuhammad Zulfikri Firmansyah yang telah mengharumkan nama bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here