Juara 3 Kejuaraan Dunia Hafalan 30 Juz Alquran diraih Pemuda Semarang

Sosok Muhammad Abdul Faqih (21), warga Lopait RT 02/RW 01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, baru saja tiba di tanah air. Dia mewakili Indonesia dalam Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) tingkat Internasional di Masjidil Haram Arab Saudi dan berhasil menjadi juara 3 hafan alquran 30 juz.

Faqih mengatakan, seleksi untuk mengikuti MHQ Internasional tersebut diawali dari tingkat bawah. Awalnya, Pemkab Semarang menyelenggarakan lomba MHQ dan pengumuman tersebut disampaikan kepada warga seperti di Ponpes Roudhotul-Huffadz milik orangtuanya.

“Pada tahun 2015, saya juara 1 lomba MHQ tingkat Kabupaten Semarang. Kemudian, akhir Desember 2015 lomba di tingkat provinsi, alhamdulillah juara 1. Setelah, pada Juli 2016 dikirim mewakili Jawa Tengah dalam MTQ di NTB dan dapat juara 2,” kata Faqih.Santri Ponpes Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta itu, mengakui, sekitar bulan Juni 2017 lalu, ditelepon dari Kemenag RI yang menyampaikan kabar akan dikirim menuju Arab Saudi untuk mengikuti MHQ tingkat Internasional.

“Kami dikabari untuk berangkat pada 4 Oktober 2017, sedangkan lomba 7-11 Oktober 2017 dan kembali pada 15 Oktober 2017,” ujarnya.

Dalam lomba yang dilangsungkan di kompleks Masjidil Haram tersebut, Faqih berhasil menjadi juara 3 dengan nilai 98,6. Sedangkan juara 1 dari Bangladesh dengan nilai 99 dan juara 2 dari Nigeria dengan nilai 98,8. “Memperoleh hadiah uang tunai dari 80.000 real dari Kerajaan Arab Saudi dan piagam,” katanya kepada Detikcom.

Ia mengaku, baru kembali dari Arab Saudi dari, Senin (16/10) lalu. Setibanya di Jakarta harus bertemu dengan Dirjen Penerangan Agama Islam Kemenag RI. Demikian halnya saat sampai di Semarang bertemu terlebih dahulu dengan Kakanwil Kemenag Jateng.

“Baru sampai di rumah pukul 21.30 WIB, kami disambut warga diarak dari jalan besar sampai rumah, terus ada tasyakuran,” ujarnya dengan raut wajah gembira.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here