Joy Imanuela Raih Medali Emas Berkat Flip Flop Fancy Shoes

DUA FUNGSI: Joy Imanuela memperlihatkan medali emas yang diraih karena inovasinya.

Dengan kreatifitas di tangan Joy Imanuela yang telah berhasil membuat inovasi di bidang fashion, Siswa kelas VA SD Nation Star Acamedy (NSA) itu menciptakan model sepatu two in one. Bisa jadi sepatu flat maupun berhak tinggi.

Karena kreasi ciptaannya itu, pada 17 Desember lalu, Joy lolos di ajang Hongkong International Student Innovative Invention Contest. Pada ajang yang diikuti lima negara itu, Joy menyabet medali emas.

’’Inovasi ini saya buat karena sempat dilarang pakai sepatu high heels karena masih kecil,’’ ungkap Joy sambil memamerkan flip flop fancy shoes kepada Jawa Pos, Rabu (4/1).

Putri kedua pasangan Ronaldus Hendrata-Maylania itu menyatakan, karena larangan tersebut, dirinya pun memutar otak. Mencari cara agar keinginannya memakai sepatu high heels terwujud.

Agar tak ditegur sang mama, Joy membuat heels tersebut tak terlihat dan bisa disembunyikan dalam sepatu. ’’Akhirnya nemu ide. Membuat sepatu dengan heels yang bisa dilipat dalam sol,’’ ujar gadis kelahiran 20 April 2006 itu.

Untuk membuat flip flop fancy Shoes
, Joy menjabarkan, dirinya membutuhkan dua elemen tambahan untuk memermak sepatu flat menjadi model two in one. Yakni, karet spons setebal 1,5 cm dan engsel pintu.

Spons dibentuk sesuai dengan ukuran sepatu. Setelah pas, lantas ditempelkan di bagian bawah sepatu dengan menggunakan lem.

Sementara itu, untuk memasang engsel pintu, Joy melubangi bagian belakang spons berbentuk segi panjang. ’’Ukurannya sekitar 7×2 cm. Fungsi lubang ini untuk menyembunyikan engsel pintu yang digunakan sebagai Heels
,’’ terang penghobi basket itu.

Meski sudah bisa digunakan, Joy belum puas. Flip flop fancy shoes
buatannya itu diperbaiki lagi. Melalui diskusi dengan guru pembimbing kelas kreativitas sekolahnya, dia mendapat banyak masukan.

’’Guru kasih saran, alatnya masih kurang praktis pada penggunaan heels -nya,’’ tuturnya. Bersama guru sekolah, Joy berkonsultasi dengan dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Melalui konsultasi itu, gadis kecil tersebut mendapat saran untuk mengubah bentuk heels. Yakni, menambahkan sudut siku berbentuk segi tiga agar lebih kuat.

’’Akhirnya engsel dalam heels saya tambah. Dari sebelumnya satu menjadi dua buah,’’ jelas penggemar mi ayam tersebut. Dengan heels bersudut 45 derajat itu, flip flop fancy Shoes
buatan Joy mampu menahan beban hingga 60 kg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here