Jakarta Masuk 10 Besar Kota Pemilik Gedung Tinggi Terbanyak di Dunia 2020

Merujuk data terbaru yang dirilis oleh The Skyscrapper Center pada tahun 2020, Jakarta menjadi salah satu kota pemilik gedung tinggi terbanyak di dunia. Ibu kota Indonesia tersebut menempati posisi ke-8 dengan 414 gedung tinggi.

Seluruh gedung tersebut terdiri atas :

  • Bangunan dengan tinggi di atas 100 meter
  • Bangunan dengan tinggi di atas 150 meter
  • Bangunan dengan tinggi 200 meter

Sementara itu New York dinobatkan sebagai kota dengan koleksi gedung pencakar tinggi terbanyak di dunia. Bangunan tinggi di kota tersebut berjumlah 1.572 bangunan. Hong Kong berada di tempat kedua dengan 924 gedung, diikuti oleh Chicago pada posisi ketiga dengan jumlah 575 bangunan.

Pembangunan gedung pencakar langit saat ini telah menjadi tren global. Selain difungsikan sebagai tempat perkantoran, hotel, atau sarana lainnya, bangunan tinggi ternyata juga bisa menjadi landmark.

Berikut ulasan lengkap 10 Kota Pemilik Gedung tinggi Terbanyak di dunia

1. New York

New York merupakan kota terpadat sekaligus menjadi pusat bisnis, fashion dan perdagangan terbesar di Amerika Serikat. New York memiliki 1.572 bangunan tinggi menjadikannya sebagai kota pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia.

2. Hong Kong

Bersama Macau, Hong Kong merupakan satu dari dua Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat Cina, Hong Kong kini memiliki sekitar 924 gedung tinggi dan berhasil menempati posisi ke-2 sebagai kota pemilik gedung tinggi terbanyak di dunia.

3. Chicago

Chicago adalah kota terbesar di negara bagian Illinois, Amerika Serikat. Merupakan kota terpadat ketiga di Amerika Serikat dan kota terpadat di Midwest Amerika, Chicago berhasil menempati posisi ke-3 sebagai kota pemilik gedung tinggi terbanyak di dunia, total gedung tinggi yang ada di Chicago berjumlah 572 bangunan.

4. Toronto

Toronto sadalah kota terbesar di Kanada dan merupakan ibukota dari provinsi Ontario. Dijuluki kota seribu etnis karena dihuni oleh masyarakat yang begitu majemuk. Sejauh ini Toronto memiliki 534 bangunan tinggi dan menempati peringkat ke-4 sebagai kota pemilik gedung tinggi terbanyak di dunia.

5. Dubai

Terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia, Dubai terkenal sebagai salah satu kota pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Total gedung tinggi di Dubai berjumlah 480 bangunan. Kota ini juga menjadi markas dari gedung tertinggi di dunia, yaitu Burj Khalifa. Selain itu, Dubai juga memiliki kawasan Dubai Marina, sebuah kawasan elite yang memiliki bangunan rata-rata di atas 200 meter.

6. Sydney

Sydney adalah kota metropolitan terbesar di Australia sekaligus berstatus sebagai ibu kota negara bagian New South Wales. Sydney dijuluki sebagai “the Harbour City” kota ini merupakan salah satu kota paling multikultural di dunia, yang tercermin dari perannya sebagai kota tujuan utama bagi imigran di Australia. Sejauh ini Sydney memiliki 453 bangunan tinggi.

7. Shanghai

Berstatus sebagai kota terbesar di Cina, Shanghai dalam beberapa dekade terakhir begitu mengalami perkembangan yang pesat. Kini, Shanghai telah menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial, hingga komunikasi terpenting di Cina. Sejauh ini Shanghai memiliki 426 gedung tinggi.

8. Jakarta

Ibukota Indonesia ini ternyata masuk dalam jajaran kota pemilik gedung tinggi terbanyak di dunia. Total gedung tinggi yang berdiri di Jakarta berjumlah 414 bangunan. Sebagian besar gedung-gedung tinggi di Jakarta berdiri kokoh di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

9. Tokyo

Posisi kesembilan diisi oleh Tokyo. Bersama Delhi dan Dhaka, Tokyo merupakan greater area dan wilayah metropolitan terbesar di dunia. Saat ini ibu kota Jepang tersebut memiliki sekitar 406 bangunan tinggi.

10. Shenzen

Bersebelahan dengan Hong Kong, Shenzhen merupakan salah satu kota terbesar di daratan Cina. Semula, Shenzhen hanyalah desa kecil, tapi kemudian berkembang pesat seiring meroketnya perekonomian Cina. Kini, Shenzhen telah memiliki 335 gedung tinggi dan yang paling terkenal adalah Ping An IFC dan Shun Hing Center.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here