Inilah Varietas Kopi Unggulan Dunia Yang Ada Di Indonesia

Tiga varian biji kopi unggulan Indonesia.(Maxx Coffee)

Negara Indonesia merupakan negara yang subur akan sumber daya alam, termasuk negara yang kaya akan jenis kopinya. Hal ini juga membuat Indonesia menjadi eksportir ke empat terbesar kopi dunia.

Dari puluhan bahkan ratusan jenis kopi khas Indonesia, ada beberapa biji unggul yang jadi komoditi ekspor unggulan. Sebelum mengaku pencinta kopi, ada baiknya untuk mengenal lebih dahulu jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia.

Inilah profil tiga jenis biji kopi unggulan khas Indonesia, berdasarkan siaran pers dari Maxx Coffee, Kamis (14/12/2017).

Java Ciwidey

Awalnya kopi ini ditanam pada abad ke-17 dan di ketinggian 1500-1600 meter di Ciwidey, wilayah Bandung-Jawa Barat. Kopi ini dipetik langsung menggunakan tangan oleh para petani dengan metode handpick/selective pick. Kemudian, diproses melalui metode semi washed yaitu pencucian dan penjemuran secara alami.

Biji kopi ini memiliki rasa yang kaya/flavorful serta aroma yang khas. Aroma yang yang tercium adalah aroma smoky yang berasal dari kacang-kacangan, wangi bunga, buah, dan sedikit herbal. Sensasi rasa seperti karamel mentega serta manis cokelat akan ditemui di tipe biji kopi ini.

Dengan karakter big body, membuat kopi Java Ciwidey terasa menyegarkan dengan rasa akhir yang lembut dan tahan lama.

Kopi Gayo.
Kopi Gayo.

Aceh Gayo

Kopi single origin yang ditanam dan tumbuh pada daerah sekitar dataran tinggi pegunungan vulkanik Aceh tepatnya di daerah Kabupaten Gayo, Aceh.

Kopi aceh gayo juga dipetik langsung menggunakan tangan oleh para petani dengan metode handpick/selective pick. Kemudian, biji kopi diproses melalui metode semi washed yaitu pencucian dan penjemuran secara alami.

Kondisi alam dari dataran tinggi Gayo memberikan pengaruh besar terhadap kualitas dari aroma dan rasa kopi yang dihasilkan. Kopi Aceh Gayo memiliki aroma khas yang kuat antara perpaduan kesegaran buah pisang dan aroma rempah-rempah.

Karakteristik lainnya adalah karakter kopinya yang full body dan mempunyai rasa manis seperti rasa vanilla/caramel/hazelnut. Perpaduan rasa yang menyenangkan tersebut akan terasa pada after taste-nya.

Danau Toba adalah pusat wisata yang berkembang di Sumatera Utara.
Danau Toba adalah pusat wisata yang berkembang di Sumatera Utara.

Sumatera Lintong

Salah satu kopi sumatera yang tumbuh dari daerah Dataran Tinggi Lintongnihuta dekat dengan Danau Toba.

Kopi ini juga dipetik langsung menggunakan tangan oleh para petani dengan metode handpick/selective pick. Lalu, biji kopi diproses melalui metode fully washed yaitu dengan proses pencucian menggunakan air.

Kopi ini memiliki aroma khas kopi Sumatera yaitu aroma alami kesegaran tanah yang tersiram air hujan (earthy). Juga beberapa aroma yang lainnya seperti cokelat, buah-buahan tropis, dan rempah-rempah.

Tingkat keasaman kopi yang kuat yang membuat kesegaran kopi ini tertinggal lama di mulut setelah diminum. Rasa yang lengkap dari dark chocolate dan juga tembakau semakin menguatkan karakteristik kopi asal Sumatera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here