Inilah Negara-negara yang Berikan Fasilitas Bebas Visa untuk Paspor Indonesia

Negara Jepang mengambil alih posisi Singapura sebagai paspor terkuat di dunia. Jepang menempati posisi teratas pada Henley Passport Index, Henley & Partners 2017 pada Selasa (9/10) seperti yang dilansir dari GNFI, Posisi keduanya hanya terpaut satu negara. Pemilik paspor Jepang bisa menikmati akses bebas visa ke 190 tujuan negara, sementara Singapura bebas visa di 189 negara tujuan.Singapura masih menjadi yang nomor wahid soal paspor terkuat di ASEAN. Jaraknya dengan negara lain yang paling dekat adalah Malaysia yang berselisih 9 poin dan yang paling jauh dengan Myanmar yang berselisih 141 poin.

Jerman turun ke posisi ketiga, berbagi posisi dengan Korea Selatan dan Prancis. Prancis naik dari peringkat empat ke tiga Jumat lalu dengan diberlakukannya bebas visa ke Uzbekistan, sementara Korea Selatan naik ke posisi tiga, dari empat, dengan adanya bebas visa ke Myanmar per 1 Oktober lalu. Ketiga negara ini memiliki skor 188.

Inggris dan AS memiliki bebas visa ke 186 destinasi. Kedua negara ini merosot dari posisi empat ke posisi lima. Rusia mendapatkan bebas visa ke Taiwan tetapi posisinya merosot dari 46 ke 47. Sementara, Tiongkok berada di di posisi ke-71. Uni Emirat Arab melesat dari peringkat 62 pada 2006 ke 21 tahun ini. UEA memiliki paspor terkuat di kawasan Timur Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here