Inilah Kopi Termahal di Indonesia

Tahukah anda berapa harga kopi termahal di Indonesia? Workshop kopi, 70 Fahrenheit Koffie Bali, memenangi lelang kopi mikro lot di Jakarta dengan penawaran tertinggi Rp 2, 050,000 per kilogram, pada 20 Oktober lalu.
“Ini adalah bentuk apresiasi kami , pelaku usaha kopi kepada para petani kopi. Hasil pengolahan kopi terbaik harus mendapat penghargaan yang baik pula,” ujar President Director 70 Fahrenheit Koffie , Suryadi Suryadhamma, Rabu, 16 November 2017.
Lelang yang dilangsungkan bersamaan dengan pelaksanaan Asia Pasific Coffee Conference itu diikuti para pengusaha kopi termasuk para pemilik kedai kopi atau coffee shop dari berbagai kota. Kopi yang dilelang adalah hasil kopi yang ditanam di Gunung Patuha, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sebelum akhirnya dilelang, kopi itu menyisihkan 60-an kopi dari berbagai daerah dalam seleksi yang dilakaukan para kurator.
Menariknya, lelang yang dibuka dengan harga Rp 115 ribu per kilo gram itu akhirnya diputus dengan harga Rp2.050 000. Ini rekor tertinggi harga kopi di Indonesia sepanjang masa. Pemenangnya yakni 70 Fahrenheit Koffie Bali.
Suryadi menuturkan, para peserta lelang sudah mau menyerah ketika penawaran mencapai Rp 1 juta. ‘’Tapi Ketua SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) memberi semangat bahwa tujuan lelang ini untuk mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada para petani kopi agar mereka bangga dengan produksi kopinya,’’ ujarnya .
Pemilik kebun penghasil kopi yang dilelang, Lucy Tedjasukmana, tak meyangka kopinya ‘lolos’ seleksi dan akhirnya terjual dengan harga fantastis dalam lelang. “Saya sangat bersyukur, buka harga Rp 115 ribu, ternyata kopi saya dihargai sangat tinggi,’’ kata pembina ratusan petani kopi ini.
Ketua SCAI, Syafrudin menyatakan, hasil lelang ini merupakan angka tertinggi dalam sejarah lelang kopi di Indonesia. “Kenapa? Karena kopi ini sangat bagus, khas dan komplek cita rasa yang unik,” katanya.
SCAI, lanjut Syafruddin, akan memasukkan harga kopi Gunung Patuha dalam rekor Museum Indonesia (MURI). “Kita sudah daftarkan dan sekarang sedang proses di MURI,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here