Ini Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Ikan

Siapa yang tidak mengenal Ikan sebagai makanan yang mengandung protein tinggi dan sangat sehat bagi tubuh kita, Ikan merupakan bahan pangan dengan kandungan protein tinggi yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, karena sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dan lestari.

Berikut ini merupakan aneka manfaat ikan untuk kesehatan tubuh memang yang telah terbukti dan berhasil di rangkum kabarrantau.com:

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Ini karena salah satu fungsi jantung adalah untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara mengonsumsi ikan. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, vena dan juga arteri. Mulailah untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

lagi-lagi kandungan omega 3 pada ikan merupakan nutrisi yang ampuh untuk meningkatkan perkembangan dan fungsi otak anak dan juga orang dewasa. Selain dapat meningkatkan fungsi otak, asam lemak omega 3 juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat seseorang yang rutin mengonsumsinya. Sehingga ini akan membantu Anda untuk mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer.

3. Menyehatkan Mata

Manfaat mengonsumsi ikan selanjutnya adalah dapat menyehatkan mata. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi ikan setiap harinya akan memperkecil resiko seseorang tersebut terkena penyakit degenerasi makula karena faktor usia dibandingkan seseorang yang jarang atau tidak pernah sama sekali mengonsumsi ikan. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah mata serta mengurangi resiko inflamasi.

4. Memperbaiki Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain untuk kesehatan, ikan juga bermanfaat untuk kecantikan salah satunya yaitu memperbaiki kesehatan kulit serta rambut. Jika Anda memiliki kulit serta rambut yang kusam dan kering, cobalah untuk mengonsumsi ikan. Hal ini dikarenakan omega 3 pada ikan dapat menutrisi rambut serta kulit Anda menjadi indah dan berkilau kembali.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi ikan dapat mengurangi resiko seseorang tersebut terkena penyakit kanker prostat dan lainnya. Ini karena kandungan zat riboflavin atau yang biasa disebut dengan Vitamin B2 pada ikan bermanfaat untuk mencegah serta mengurangi resiko seseorang terkena penyakit kanker.

6. Mengatasi peradangan
Minyak ikan memiliki sifat antiinflamasi. Maka ikan efektif mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan. “Asam lemak omega-3, khususnya EPA, banyak ditemukan dalam minyak ikan dan memiliki efek yang sangat positif pada respons inflamasi sehingga sangat membantu mengurangi radang sendi, prostatitis (radang prostat), dan sistitis (radang kandung kemih). Asam lemak omega 3 juga sangat ampuh mengurangi risiko penyakit arthritis.

7. Merawat kulit
Konsumsi ikan membantu menjaga kulit. Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of Lipid Researh, asam lemak omega-3 EPA dalam minyak ikan mencegah keriput dan menunda proses penuaan kulit.

“Bahkan, menurut beberapa studi terbaru, minyak ikan dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Omega 3 juga sangat penting untuk mencegah inflamasi yang menjadi sebab penuaan dini.”

8. Menurunkan tekanan darah
Manfaat ikan untuk kesehatan tubuh juga didapat dari minyak ikan yang berguna menurunkan tekanan darah. Selain itu, asam lemak omega-3 sangat penting mencegah dan menstabilkan tekanan darah tinggi.

9. Menurunkan berat badan
Penelitian di University of Georgia menunjukkan, minyak ikan dengan DHA membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan.

10. Mencegah diabetes
Ikan dapat membantu melancarkan peredaran darah yang penting mencegah diabetes.

11. Mengatasi depresi
Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan mengurangi depresi dan kecemasan. Studi menemukan, orang yang mengonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

12. Mencegah alzheimer
Para peneliti mengungkapkan bahwa kandungan gizi ikan sangat penting untuk mencegah penyakit Alzheimer.

13. Mencegah demensia
Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan sangat penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit dimensia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here