Ini Alta Gunawan, Wanita Paspampres AS Berdarah Indonesia

 Paspampres Amerika Serikat (AS) kini punya anggota wanita. Ialah Alta Lauren Gunawan yang bertugas mengawal Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence dari atas moge Harley-Davidson.

Perjalanan Trump maupun Pence akan diamankan oleh sosok Gunawan yang merupakan anggota Motorcade Support Unit, salah satu unit Secret Service AS. Gunawan bertanggung jawab untuk mengendalikan lalu lintas saat proses pengawalan. Tugasnya mirip dengan petugas Patwal, yang akan membuka jalan bagi iring-iringan Presiden, Wakil Presiden, maupun pejabat asing. Selama tugasnya, ia akan menunggangi sebuah moge Harley-Davidson.

Ternyata, seperti diberitakan NBC News, Gunawan yang merupakan petugas wanita pertama di unit Motorcade Division Secret Service Amerika Serikat adalah wanita keturunan Indonesia. Bahkan, dia menjadi wanita Asia-Amerika pertama yang bergabung di divisi ini.


Alta Lauren Gunawan. Alta Lauren Gunawan. Foto: dok. Youtube


“Ayah saya 100 persen orang Indonesia. Ibu saya campuran. Menjadi (keturunan) campuran itu luar biasa. Saya bangga menjadi orang Amerika keturunan Asia,” kata Gunawan.

Wanita Pengawal Donald Trump, Penunggang Moge Berdarah IndonesiaFoto: dok. Youtube



Gunawan sangat menyukai sepeda motor sejak ia masih remaja. Tak heran, tugasnya mengawal presiden atau wakil presiden dari atas roda dua merupakan pekerjaan yang ia idamkan.

“Banyak teman saya punya motor, dan saya tidak ingin menjadi orang yang ketinggalan, akhirnya saya membeli salah satu motor tua teman saya,” katanya.

Menunggangi motor yang berat dan agak tinggi, tak menjadi kesulitan bagi Gunawan. Bahkan ia bisa menangani motor yang beratnya tujuh kali lipat dari berat badannya sendiri.

Alta Lauren Gunawan saat menunggangi moge. Alta Lauren Gunawan saat menunggangi moge. Foto: dok. Youtube


Latihan ketat telah ia ikuti selama dua minggu. Selama latihan menunggangi moge, Gunawan harus bisa bermanuver melewati traffic cone, menghindari rintangan bahkan saat kecepatan tinggi.

“Saya bernar-benar bertarung dengan motor itu lebih dari yang saya inginkan. Itu terus menjadi mental dan fisik yang tangguh. Saya tersapu habis setelah saya mengikuti kursus pelatihan,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here