Ini 10 Negara Paling Kompetitif di Asia Pasifik. Di Mana Peringkat Indonesia?

IMD belum lama ini merilis World Competitiveness Ranking 2019, daftar negara-negara paling kompetitif di dunia pada 2019. Dari daftar tersebut, terlihat Singapura memuncaki peringkat. Negara kecil tetangga Indonesia tersebut bertengger di peringkat I negara paling kompetitif di dunia, naik 2 peringkat dibandingkan tahun 2018, diikuti Hongkong di peringkat 2. Tingkat daya saing Indonesia tercatat naik 11 poin ke peringkat 32 dunia pada tahun 2019. Tahun 2018, daya saing Indonesia tercatat pada posisi 43 dunia. Di Asia, kenaikan ini yang paling pesat dibanding negara-negara lain.

 
IMD sendiri menyatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan kenaikan daya saing paling pesat di kawasan Asia. Ini terjadi berkat peningkatan efisiensi di sektor pemerintahan dan perbaikan infrastruktur serta kemudahan berusaha.

“Kawasan Asia Pasifik tumbuh menjadi sumber daya saing. Sebanyak 11 dari 14 negara memperbaiki atau mempertahankan posisi mereka, dipimpin oleh Singapura dan Hong Kong pada pucuk peringkat global,” lanjut IDM.

Di Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dari Singapura (1), Malaysia (22), dan Thailand (30). Raksasa ekonomi Asia, Jepang, terpantau turun 5 poin ke posisi 30 pada tahun 2019 ini. Penurunan itu disebabkan merosotnya kondisi ekonomi, kondisi utang pemerintah, dan melemahnya iklim usaha.

IDM menyusun peringkat daya saing negara berdasarkan 4 kategori, yakni kinerja perekonomian, infrastruktur, efisiensi pemerintah, dan efisiensi bisnis. Negara yang memiliki peringkat daya saing terbaik mencatat nilai tertinggi dalam 4 kategori tersebut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here