Indonesia serukan Visi APEC Perhatikan Keterampilan SDM di Era Ekonomi Digital

Indonesia serukan pentingnya kerja sama meningkatkan keterampilan sumber daya manusia di kawasan agar sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan ekonomi digital. Seruan ini disampaikan Indonesia pada pertemuan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) Senior Officials Meeting, Dedicate​d Session on Post-2020 Vision yang membahas APEC Vision Post 2020 (AVP 2020) secara daring (16/7) bersama dua puluh Ekonomi anggota forum kerja sama APEC.

Indonesia memandang Pandemi ini memberi​ tantangan, tidak hanya di sektor kesehatan, namun juga pada ketahanan pangan dan energi, khususnya rantai pasok dan distribusi.

Indonesia juga meyakini, pemanfaatan teknologi informasi dapat membantu proses adaptasi manusia akan perubahan. Karenanya, penting agar APEC dapat terus melangsungkan kerja sama dalam meningkatkan dan menyesuaikan keterampilan sumber daya manusia di kawasan agar sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan ekonomi digital, selain terus mempertahankan kerja sama teknis dalam kerangka Economic and Technical Cooperation untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM.
Sepanjang keketuaan APEC Malaysia di tahun 2020, anggota APEC telah berupaya untuk merumuskan visi baru yang diharapkan dapat terus menjadikan APEC relevan dalam mendukung pemulihan maupun pertumbuhan ekonomi di Asia-Pasifik.
Pertemuan dihadiri oleh Senior Officials APEC dan Indonesia diwakili oleh Dirjen Asia Pasifik dan Afrika, Desra Percaya, selaku Ketua deleg​asi Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here