Indonesia Satu-satunya Negara Asean Yang lolos di Kejuaraan Asian Senior Men’s Volleyball Championship

Pada Asian Senior Men's Volleyball Championship edisi ke-19 tahun 2017, Indonesia mencatatkan sejarah baru.

Indonesia menjadi satu-satunya negara dari kawasan Asia Tenggara yang berhasil menembus babak empat besar di ajang Asian Senior Men’s Volleyball Championship. Ini adalah capaian terbaik bagi Indonesia di turnamen yang pertama kali digelar tahun 1975 silam itu.

Indonesia sudah ambil bagian sejak ajang ini pertama kali digelar pada tahun 1975 di Melbourne, Australia. Kala itu, Indonesia menempati posisi enam total tujuh peserta yang ambil bagian di event ini.

Sejak saat itu ranking keenam selalu akrab dengan Indonesia. Indonesia kembali duduk di tempat yang sama pada penyelenggaraan tahun 1991, 1999 dan 2009.

Nah, pada Asian Senior Men’s Volleyball Championship edisi ke-19 tahun 2017, Indonesia mencatatkan sejarah baru dengan lolos ke babak semifinal. Indonesia akhirnya mengunci posisi keempat setelah tumbang di tangan Korea Selatan pada partai perebutan tempat ketiga di GOR Tri Dharma, Gresik, Selasa (1/8) malam.

Yang lebih membanggakan, Indonesia menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang berhasil mencapai empat besar. Indonesia melampaui prestasi dua pesaing terberatnya di Asia, yakni Thailand dan Vietnam. Prestasi terbaik Thailand di ajang ini adalah menduduki ranking lima. Sedangkan Vietnam hanya mampu menembus ranking 10 besar.

“Apapun hasilnya kami syukuri karena bisa masuk empat besar. Terlepas orang di luar bilang kami beruntung atau apa, faktanya kami mencatat sejarah dengan masuk empat besar,” kata Asisten Pelatih Indonesia Andri Widyatmoko kepada awak media Selasa malam.

Sementara itu, Jepang masih tercatat sebagai pemegang gelar juara terbanyak di ajang Asian Senior Men’s Volleyball Championship. Negeri Sakura meraih sembilan gelar di ajang ini. Selanjutnya ada Korea Selatan dengan empat gelar juara, China (3 gelar), Iran (2 gelar) dan Australia (1 gelar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here