Indonesia – Rusia Kerjasama Pemberantasan Terorisme

Indonesia dan Rusia sepakat memperkuat kerja sama di bidang keamanan, khususnya pemberantasan terorisme, kejahatan siber dan penanggulangan bencana. Kesepakatan itu merupakan salah satu hasil Forum Konsultasi Bilateral Ke-5 Indonesia-Rusia di bidang keamanan.

Pembahasan kerjasama ini dipimpin Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto sebagai wakil dari Indonesia dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Nikolay Patrushev sebagai wakil dari negaranya.

“Menko Wiranto menegaskan komitmen Indonesia untuk terus menjalin kerja sama dengan Rusia dalam bidang alutsista yang disertai dengan kerja sama alih teknologi,” dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Sabtu (16/2/2019).

Implementasi dari kerja sama di bidang pemberantasan teroris, Indonesia dan Rusia sepakat bertukar informasi dan data teroris serta sumber jalur keuangan bagi pendanaan terorisme. Kedua negara juga akan memperluas kerja sama di bidang monitoring system atas lalu lintas keuangan perdagangan narkoba yang diduga menjadi sumber pendanaan kegiatan terorisme.

“Dalam pertemuan dibahas juga penguatan kerja sama dan pemeilharaan stabilitas dan keamanan kawasan dan global, karena kawasan yang stabil dan aman akan mendorong peningkatan ekonomi dan menciptakan kesejahateraan bagi negara-negara di kawasan,” tertulis dalam siaran pers tersebut.

KBRI di Moksow menyampaikan delegasi dari Indonesia menyambut baik dukungan Rusia terhadap konsep Indo-Pasifik yang diajukan Indonesia karena dianggap lebih realistis dan mengakui peran sentral ASEAN. Rusia kemudian mengharapkan dukungan Indonesia, selaku koordinator kerja sama ASEAN-Rusia, untuk mewujudkan kerja sama yang lebih konkrit antara ASEAN dengan Shanghai Cooperation Organization (SCO).

Dalam keterangan tertulis KBRI Rusia, Selain bertemu pihak Pemerintah Rusia, Wiranto juga ke Radio Technics Institute (RTI) dan Rosskosmos (State Corporation for Space Activities) untuk melihat kemampuan tekonologi Rusia dalam penanganan, pengendalian serta memprediksi terjadinya bencana alam.

“Menko Wiranto tertarik dengan kemampuan teknologi Rusia dalam memprediksi kemungkinan terjadinya bencana yang selanjutnya akan mempertimbangkan untuk mendorong instansi terkait di Indonesia untuk membangun kerja sama di bidang penanggulangan bencana dengan Rusia,” kata Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Belarus, M Wahid Supriyadi.

Pertemuan bilateral Indonesia dengan Rusia ini bersifat rutin setiap tahun. Untuk pertemuan di 2020, Indonesia akan mendapat giliran sebagai tuan rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here