Indonesia Punya Pembalap Downhill Kelas Dunia

Khoiful Mukhib namanya, dan ia menjadi salah satu dari 76 anggota Indonesian Downhill (76 IDH) yang namanya harum di tingkat internasional. Dilansir dari Kompas, Khoiful pernah mengikuti Kejuaraan Dunia Downhill di Australia pada 2017. Pria asal Jepara ini masuk tiga besar pembalap nasional dengan poin UCL terbanyak.UCL adalah United Cycling International, induk internasional olahraga balap sepeda. Menurut penutuan Rudy Purnomo selaku manager 76 Rider, IDH sudah masuk kalender kejuaraan UCL sejak 2015. Namun, tidak semua kelas yang dipertandingkan, hanya Man Elite dan Woman Elite saja.

Dengan tampil di 76 IDH, pembalap bisa mengumpulkan poin UCL yang berpengaruh ke posisi mereka di peringkat dunia. Semakin banyak poin yang diraih, semakin besar peluang mengikuti kejuaraan Downhill dunia.

Kembali ke Khoiful Mukhib, ia sekarang menempati peringkat 45 dunia. Setelah tampil di Asian Games 2018, Khoiful bertekad bisa lebih kompetitif saat mengikuti kompetisi Downhill tingkat dunia.

“Di Asia Tenggara, Indonesia nomor 1. Di Asia, kita sudah membuktikan nomor 1 melalui Mukhib lewat ajang Asian Games. Di level dunia, suatu saat melalui generasi di bawah Muktib pasti bisa berbicara,” imbuh Rudy Purnomo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here