Indonesia Produsen Ikan Laut Kedua Terbesar di Dunia

Indonesia saat ini menjadi negara produsen perikanan ke-2 terbesar di dunia setelah China. Namun sayangnya Indonesia masih kalah dalam bidang ekspor produk perikanan dibandingkan dengan negara-negara yang produksi ikannya jauh di bawah Indonesia.

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), Indonesia menjadi negara terbesar kedua produksi perikanan tangkap sebesar 6 juta ton pada 2014. Peringkat pertama ditempati oleh Cina dengan kemampuan produksi mencapai 14 juta ton pada 2014.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, saat ini produksi hasil kelautan dan perikanan China mencapai 50 juta ton per tahun. Sedangkan Indonesia baru mencapai 13 juta ton per tahun.

Tingginya kemampuan produksi Cina karena di dukung oleh penggunaan kapal yang bertonase besar sehingga mampu mengeksplorasi wilayah laut lebih luas.

Bahkan menurut China Fisheries yearbook 2014, industri perikanan Cina termasuk yang terbesar di dunia. Setiap tahun, negara ini mampu memproduksi 17,4 persen hasil perikanan dunia, sedangkan Indonesia di peringkat kedua dengan 6,8 persen hasil perikanan dunia.

Berikut merupakan negara terbesar penghasil ikan di dunia menurut Food and Agriculture Organization (FAO)

1.China
2.Indonesia
3.Vietnam
4.Thailand
5.Ecuador
6.India
7.Bangladesh
8.Mexico
9.Brazil
10.Philipina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here