Indonesia Masuk Daftar 10 Tempat Terbaik untuk Belajar di Asia Tahun 2021

Setelah lulus dari pendidikan sekolah menengah atas, banyak orang mungkin bingung akan melanjutkan kuliah di mana. Ada sangat banyak kampus yang bisa dipilih, baik di kota tempat tinggal, pindah kota lain, bahkan merantau ke negeri orang.

Situs Educations.com membuat survei pada lebih dari 2.700 siswa internasional dan banyak dari mereka yang memilih negaranya terlebih dahulu untuk memutuskan kuliah, dibanding universitas atau jenis program tertentu. Dari hasil survei tersebut, didapatkan peringkat tempat terbaik di Asia untuk belajar di luar negeri tahun 2021 ini.

Peringkat ini dibuat berdasarkan tujuh faktor, yaitu untuk mengakses pengajaran berkualitas lebih tinggi, mencapai tujuan karier, mengembangkan diri, mengalami budaya atau gaya hidup baru, bertualang, belajar bahasa baru, serta mendapatkan teman baru dan memperluas jaringan profesional.

Bila Anda sedang mempertimbangkan tempat mengenyam pendidikan kuliah, berikut 10 daftar tempat terbaik di Asia untuk belajar pada tahun 2021:

1. Singapura

Singapura merupakan tempat belajar terbaik di Asia karena sikap warganya yang ramah kepada ekspatriat. Negeri singa ini mendapat peringkat nomor satu di dunia dalam kategori mencapai tujuan karier dan nomor dua di Asia untuk mengakses pendidikan berkualitas lebih tinggi.

Singapura memiliki empat bahasa resmi, yaitu Inggris, Melayu, Mandarin, dan Tamil. Bila berkuliah di sana, Anda bisa menggunakan bahasa Inggris, warga setempat biasanya identik dengan dialek “Singlish”.

Berkuliah di Singapura akan memberikan Anda kesempatan mendapatkan teman-teman baru serta memperluas jaringan profesional. Pilihan universitasnya pun beragam dan terletak di kota-kota yang bersih dan hijau.

2. Jepang

Jepang adalah pilihan yang tepat bila Anda ingin bertualang dan mengalami budaya serta gaya baru. Sambil berkuliah, tentunya ada kesempatan untuk mencoba kelezatan sushi, melihat gulat sumo, mengikuti upacara minum teh, bahkan merangkai bunga. Bila Anda tertarik menjelajahi budaya, Jepang bisa jadi tempat terbaik untuk belajar. Tak lupa mencoba berbagai teknologi canggih yang ada di sana.

Jangan lupa bahwa Jepang juga memiliki banyak universitas terbaik di dunia dan menghasilkan pemenang Nobel non-Barat di bidang fisika, kimia, dan kedokteran.

3. Tiongkok

Tertarik untuk belajar bisnis dan keuangan? Tiongkok bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan belajar dan memahami budayanya, Anda bisa menyerap ilmu tentang bagaimana orang-orang di sana berbisnis dan mengelola keuangan. Sekolah-sekolah di sana pun masuk peringkat nomor dua di Asia untuk kategori akses pengajaran berkualitas lebih tinggi dan nomor tiga di Asia untuk mencapai tujuan karier.

4. Malaysia

Anda mungkin orang yang kurang nyaman bila berada di suatu tempat tanpa punya banyak teman akrab dan berada di lingkungan yang orang-orangnya kurang ramah. Maka Malaysia bisa jadi pilihan bagi Anda yang menginginkan kuliah sambil mendapatkan teman baru, mempeluas jaringan profesional, dan mencapai tujuan karier.

Kuala Lumpur sebagai ibukota Malaysia, bahkan dinobatkan sebagai kota kedua paling ramah di dunia. Mereka juga ramah pada ekspatriat dan tak sulit bicara dengan orang-orang di sana menggunakan bahasa Inggris.

5. Korea Selatan

Tertarik dengan budaya Korea Selatan yang berkaitan dengan drama dan K-Pop? Sepertinya menarik jika Anda mempelajari budayanya sambil berkuliah di Korea Selatan. Namun, tentunya di sana juga Anda akan mendapatkan akses terhadap pengajaran berkualitas lebih tinggi, karena Korea Selatan berada di peringkat nomor satu di Asia untuk kategori ini.

Sambil belajar, pastinya jangan lewatkan kesempatan melihat bunga sakura bermekaran pada musim semi, mencoba aneka makanan khas yang lezat, atau mungkin pergi menonton konser idola?

6. Thailand

Ingin belajar sambil bertualang? Kemungkinan Anda akan cocok dengan negara Thailand. Negeri Gajah Putih ini memang mendapatkan peringkat nomor satu di Asia untuk bertualang. Anda bisa menikmati keindahan alam Thailand, mulai dari menjelajah desa berbukit, air terjun, hingga berenang di laut tropis. Tak lupa mencoba masakan khas dan belajar bahasanya.

7. Israel

Israel adalah tempat terbaik bagi Anda yang ingin mengembangkan diri dan belajar budaya serta sejarah. Di sana pun banyak pilihan universitas ternama dan merupakan surga bagi pengusaha teknologi dan medis. Anda bisa memutuskan untuk tinggal di Yerusalem, Tel Aviv, atau di tepi pantai Haifa. Tidak wajib untuk belajar bahasa Ibrani karena kebanyakan orang di sana berbicara dengan bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Arab, dan Italia.

8. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) adalah pilihan yang bagus untuk mendapatkan teman baru, mengembangkan diri, serta mempelajari budaya yang beragam. Di sana, Anda bisa menemui orang-orang berbahasa Arab, Farsi, Urdu, dan bahasa lain. UEA sendiri dikenal sebagai tujuan belajar yang ramah dan bersahabat.

9. India

Soal kualitas pendidikan, India tak bisa diragukan lagi. Di sana, ada banyak pilihan universitas dengan berbagai program, unggulannya antara lain teknik dan teknologi.

Budayanya juga sangat menarik untuk dipelajari, bila ingin bertualang pun Anda bisa mudah mengakses Himalaya atau sekada berjalan-jalan di Taj Mahal.

10. Indonesia

Wah, ternyata Indonesia ada di peringkat nomor satu di Asia untuk belajar bahasa baru dan nomor tiga untuk bertualang. Indonesia merupakan negara kepulauan dan berpenduduk padat. Ragam bahasanya sangat banyak sehingga para pelajar bisa mempelajari banyak bahasa daerah di satu negara.

Untuk bertualang, tentunya ada banyak pilihan untuk dijelajahi, dari gunung, pantai, perkotaan, sampai desa-desa terpencil dengan pemandangan menakjubkan.

Educations.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here