INDONESIA DAN IRLANDIA SEPAKAT KEMBANGKAN KERJASAMA BILATERAL KE TINGKAT YANG LEBIH TINGGI

“Saya yakin Indonesia dan Irlandia siap manfaatkan berbagai peluang kerjasama di masa depan” ujar Duta Besar RI untuk Inggris Raya, Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional Dr. Rizal Sukma. Hal ini disampaikan pada penyelenggaraan resepsi diplomatik Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dublin, Irlandia, dalam rangka HUT ke-73 Republik Indonesia sekaligus memperingati HUT Tentara Nasional Indonesia. Hadir sebagai tamu kehormatan adalah Brendan Rogers, Wakil Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Irlandia. Selain dihadiri pejabat Pemerintah Irlandia, resepsi juga dihadiri oleh kalangan diplomatik, para pengusaha, media dan perwakilan masayarakat Indonesia di Irlandia.

Dalam sambutannya, Dubes RI menyampaikan bahwa membangun kesadaran tentang Indonesia pada publik Irlandia memang membutuhkan waktu. Oleh karenanya, ia sadar bahwa sebagai duta besar, perannya sangat penting untuk mempromosikan Indonesia di Irlandia, terlebih Indonesia tidak hanya sekedar Bali. “Sejak diberlakukannya kebijakan bebas visa, terlihat jumlah wisatawan Irlandia ke Indonesia meningkat,” jelasnya.

Kerjasama Indonesia dan Irlandia di bidang pendidikan juga merupakan salah satu hal yang penting. Meski jumlah mahasiswa Indonesia di Irlandia belum terlalu banyak, namun pertumbuhan minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke Irlandia meningkat. “Penandatanganan kerjasama pendidikan Indonesia dan Irlandia baru-baru ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelajar Indonesia ke Irlandia,” ujar Dubes RI. Beberapa bidang pendidikan yang diminati di Irlandia diantaranya teknologi pangan, teknologi informatika, kedokteran, keuangan dan telekomunikasi.

Acara yang dimeriahkan oleh kelompok Gamelan Orchestra dari National Concert Hall Dublin pimpinan Dr. Peter Moran ini menunjukkan betapa Indonesia dan Irlandia telah memiliki landasan hubungan people-to-people contact yang kuat. “Mereka baru saja kembali dari Indonesia, berpartisipasi dalam Festival Gamelan Internasional di Indonesia,” puji Dubes RI. Sejak dimainkannya musik gamelan di tahun 2012, sekarang ini terdapat sekitar tujuh kelompok gamelan yang tersebar di beberapa kota besar Irlandia seperti di Cork, Dublin dan Galway.

Di bidang multilateral, Dubes RI menjelaskan bahwa Indonesia dan Irlandia sama-sama memiliki perhatian yang tinggi dalam pemeliharaan perdamaian dan keamanan global. “Saat ini pasukan perdamaian Indonesia dan Irlandia bekerja berdampingan di Lebanon,” tambahnya. Dubes RI juga sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Irlandia atas dukungannya terhadap pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa 2019-2020. “Indonesia juga siap mendukung pencalonan Irlandia di DK PBB periode 2020-2021,” lanjutnya.

Menanggapi Dubes RI, Wakil Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Irlandia Brendan Rogers menyampaikan bahwa ia sangat senang dengan perkembangan kerjasama kedua negara. Apalagi sejak berdirinya Kedutaan Besar Irlandia di Jakarta lima tahun yang lalu, berbagai peluang kerjasama bilateral dengan Indonesia semakin terbuka. Menurutnya, setelah Menteri Pendidikan, Menteri Pertanian Irlandia akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.

Tahun depan merupakan perayaan 35 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Irlandia. Hubungan antar masyarakat dan pendidikan tetap menjadi modalitas kerja sama bilateral Indonesia-Irlandia. Namun demikian, kerja sama ekonomi juga dinilai cukup menjanjikan meskipun kedua negara sama-sama merupakan mitra dagang baru. Sejak tahun 2013 nilai total perdagangan kedua negara mengalami tren meningkat. Hubungan ekonomi yang komplementer dan berjalannya negosiasi Indonesia-EU CEPA diharapkan semakin mendorong sektor bisnis kedua negara untuk memanfaatkan banyaknya peluang yang ada ke depannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here