Indonesia akan Miliki Bandara Terbesar di Asia Tenggara

Indonesia akan memiliki bandara raksasa. Bandara Soekarno-Hatta bakal mengalahkan bandara internasional besar lainnya di Asia Tenggara seperti Changi Airport di Singapura, Suvarnabhumi Airport di Thailand, dan KLIA di Malaysia. Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bakal menambah kapasitas Bandara Soetta secara keseluruhan. Untuk terminal 4 sendiri saja, kapasitas akan bertambah sekitar 40 juta.

Jika digabung dengan Terminal 1, 2, dan 3, maka Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan memiliki kapasitas hingga 100 juta penumpang per tahunnya, yakni saat Terminal 4 beroperasi penuh pada 2024. Adapun kapasitas Bandara Changi di Singapura, mengutip hasil penelusuran sinarjambi.com, direncanakan bakal mengembangkan bandara hingga berkapasitas 150 juta penumpang, tapi baru akan beroperasi pada tahun 2030. Sementara Kuala Lumpur Internasional Airport (KLIA) di Sepang, Malaysia, saat ini memiliki kapasitas penumpang sampai 75 juta per tahunnya. Awalnya pengoperasian bandara ini memiliki kapasitas penumpang 30 juta per tahun. Lalu, ada pengembangan terminal kedua yang memiliki kapasitas 45 juta penumpang per tahun.

Sedangkan untuk Suvarnabhumi Airport di Thailand memiliki kapasitas 45 juta penumpang yang bisa dioptimalkan menjadi 60 juta per tahun. Bandara ini akan dikembangkan dan mampu menampung sampai 130 juta penumpang, namun baru akan terealisasi tahun 2030.

Saat ini PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Soekarno Hatta baru memulai perancangan desain pembangunan terminal 4. Perancangan dilakukan selama 18 bulan dan mencakup desain perencanaan teknis, struktur pembiayaan/financing dan desain penataan keseluruhan operasional.

Terminal 4 seluas 400.000 meter persegi diproyeksikan mampu melayani hingga 40 juta penumpang per tahun. Adapun terminal 1 dan 2 nantinya setelah revitalisasi masing-masing akan memiliki kapasitas hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara itu, Terminal 3 berkapasitas 25 juta penumpang per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here