Ilmuwan Primata Indonesia Raih Penghargaan Konservasi Internasional

Ahli Primata Indonesia dan juga Wakil Ketua Dewan Pembina Yayasan Belantara Jatna Supriatna mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award & Leadership on Biodiversity Conservation, Senin (27/2), di Bali, oleh Conservation International atas kiprahnya di bidang konservasi. Jatna hadir selaku Vice President berkebangsaan Indonesia pertama yang mengepalai sebuah program konservasi pada organisasi tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Jatna Supriatna juga mendapatkan penghargaan yang sangat istimewa dari para peneliti yang tergabung dalam Primate Specialist Group dari IUCN (International Union for Conservation of Nature), sebagai apresiasi untuk dedikasi yang dilakukan beliau pada bidang ini. Para peneliti tersebut mengumumkan persembahan kepada Jatna Supriatna dengan mencantukan nama beliau pada penamaan spesies primata yang baru mereka temukan, ‘Tarsius Supriatnai’.

“Saya merasa sangat bersyukur dan sejujurnya sangat terkejut akan penghargaan ini. Penghargaan ini adalah hasil dari konsistensi yang saya lakukan dalam bidang konservasi keanekaragaman hayati selama 42 tahun sejak tahun 1975. Saya sangat senang karena hasil kerja saya diakui oleh dunia internasional, dan juga oleh seluruh kolega saya yang menggeluti hal yang sama. Saya juga memahami bahwa ini merupakan tanggung jawab serta tantangan yang besar untuk saya. Diperlukan adanya motivasi bersama untuk memperjuangkan isu konservasi ini,” ungkap Jatna kepada GATRAnews.

CEO Yayasan Belantara Agus P. Sari mengucapkan selamat dan mengapresiasi hasil kerja Jatna. “Segenap management Yayasan Belantara mengucapkan selamat serta apresiasi yang tinggi kepada Profesor Jatna Supriatna, Wakil Ketua Dewan Pembina kami dan sahabat saya, atas capaiannya yang sangat menginsipirasi. Penghargaan ini sangat membanggakan karena tarafnya pada level global, merefleksikan betapa besarnya kontribusi beliau sebagai pakar di bidang ini,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here