Hari Kopi Sedunia, Mengenal Tujuh Single Origin Indonesia

Hari Kopi Sedunia yang jatuh pada Jumat (1/10/2021), tak ada salahnya mengenal fakta bahwa Indonsia merupakan penghasil biji kopi single origin yang istimewa dan berkualitas. Hal ini sudah diakui oleh dunia.

Sebelum membahas tentang kopi single origin dari Indonesia, kamu perlu tahu bahwa produk kopi secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu blend dan single origin. Seperti namanya, produk kopi blend dihasilkan dengan cara mencampur berbagai macam jenis biji kopi. Tujuan utamanya antara lain menghasilkan body dan juga profil rasa yang spesifik pada hasil akhir produk kopi.

Mengutip laman nescafe.com, Jumat (1/10/2021), bagi para penikmat kopi yang lebih ingin tahu seputar kebudayaan tertentu, kopi single origin bisa jadi salah satu caranya. Berbeda dengan kopi blendsingle origin hanya berasal dari satu sumber saja. Satu sumber dalam hal ini bisa jadi dari satu wilayah yang sama, kebun kopi yang sama, atau bahkan satu tanaman yang sama!

Budaya minum kopi terbagi menjadi tiga gelombang  dan popularitas kopi single origin lahir seiring berjalannya gelombang ketiga. Pada 1960-an, the first wave dimulai dengan drastisnya pertumbuhan minat akan kopi. Hal ini pun memicu the second wave, di mana para produsen kopi menjawab minat tersebut dengan memproduksi kopi dalam jumlah banyak.

Namun saat ini, the third wave pun sudah berlangsung. Para penikmat kopi nggak hanya peduli dengan jenis sajian yang mereka minum saja. Mereka juga ingin tahu lebih lanjut dari mana biji kopi tersebut diambil. Dengan begitu, mereka jadi punya gambaran seputar kebudayaan kopi di daerah asal kopi tersebut.

Berikut ini tujuh single origin asal Indonesia yang terkenal di dunia menurut Try New Coffee :

1. Sumatra Gayo

Berasal dari Aceh, single origin Sumatera Gayo memiliki kekentalan dan aroma yang begitu kuat. Uniknya, biji kopi yang satu ini dikenal dengan sedikit rasa rempah yang dapat hadir saat kopi disesap perlahan usai diseduh.

Memiliki acidity atau kadar keasaman yang rendah membuat Sumatera Gayo memiliki karakteristik rasa yang cukup seimbang. Cita rasanya yang kuat namun tidak begitu pahit dan pas keasamannya membuat jenis biji kopi atau single origin ini sangat digemari di pasar kopi Amerika Serikat dan Eropa terutama untuk digunakan sebagai campuran house blend.

2. Bali Blue Moon

Selain pesona keindahan alamnya, Pulau Dewata juga dikenal dengan produksi biji kopinya yang sangat istimewa. Salah satunya adalah single origin blue moon yang memiliki ciri khas rasa berupa campuran dark chocolate, vanilla hingga sedikit rasa rempah-rempah.

Melalui proses panen yang masih dijaga keasliannya, tingkat keasamaan jenis biji kopi yang satu ini sengaja ditekan untuk mengeluarkan rasa dan aromanya yang khas dan spesial. Ditanam di antara pohon jeruk membuat jenis biji kopi yang satu ini punya rasa yang benar-benar beda. Bahkan hampir sebagian besar kedai kopi yang menyajikan biji kopi ini mengakui bahwa Bali Blue Moon punya banyak penggemar.

3. Sumatra Mandheling

Baik di dalam negeri maupun di luar negeri, single origin Sumatera Mandheling menjadi jenis yang paling banyak dicari oleh para pencinta kopi. Kekentalan rasanya yang begitu tebal membuat kopi ini punya karakteristik yang kuat dan sangat memuaskan bagi mereka yang hobi minum kopi.

Memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah, single origin ini memiliki aroma khas floral atau bunga-bungaan dengan sedikit rasa manis yang datang setelah disesap. Memiliki rasa dan karakteristik yang begitu istimewa ini membuat Sumatra Mandheling bahkan diakui sebagai primadona biji kopi dari Pegunungan Bukit Barisan.

4. Java Taman Dadar

Bergeser ke pulau Jawa, dari kawasan sisi utara Gunung Ijen ada satu jenis kopi yang dikenal dengan keistimewaan campuran rasanya yang unik. Dikenal dengan nama Java Taman Dadar, biji kopi yang satu ini dipanen dan diproduksi langsung dari daerah Kayumas, Situbondo.

Karakter rasa yang terdapat dalam biji kopi yang satu ini cenderung lebih terasa seperti kacang dengan campuran rempah serta dilengkapi tingkat keasaman yang sedang. Uniknya, walaupun memiliki ciri khas rasa seperti kacang dan rempah, aroma kopi ini cenderung menyerupai gula aren dan bisa tercium dengan sangat kuat.

5. Java Mocha

Dihasilkan dari daerah Temanggung, kopi Java Mocha memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan rasa pahit yang begitu kuat. Namun di balik rasanya yang cenderung pahit ada roma dan cita rasa yang kaya dan khas sehingga membuat biji kopi ini begitu unik dan banyak dicari orang untuk dinikmati keistimewaan rasanya.

Berbeda dengan kopi-kopi sebelumnya yang cenderung memiliki aroma tumbuhan atau aroma yang alami, single origin jenis ini justru memiliki aroma menyerupai mocca yang begitu kuat. Untuk menikmati rasa dan aromanya secara efektif single origin jenis ini disarankan untuk diseduh dengan teknik tubruk, vietnam drip, maupun disajikan sebagai blended coffee.

6. Sulawesi Toraja

Kopi spesial dari tanah Toraja ini punya tempat spesial di pasar kopi dunia. Ciri khas kekentalan rasanya yang begitu tebal, jenis single origin atau biji kopi ini memiliki kadar keasaman yang terbilang cukup rendah.

Karakteristik rasa dominan cokelat serta aroma earthy atau menyerupai tanah yang basah membuat kualitas biji kopi ini dipercaya sebagai jenis yang sangat istimewa. Bahkan di Eropa Utara, kopi Sulawesi Toraja seringkali dianggap sebagai minuman mewah sehingga tinggi peminatnya

7. Sulawesi Kalosi

Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, dikenal dengan produksi biji kopi atau single origin berjenis Kalosi yang rasanya luar biasa. Perkebunan kopi yang dibudidayakan pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut ini ternyata mampu menghasilkan biji kopi berjenis arabika yang cukup unik dan berkarakter spesial.

Single origin Sulawesi Kalosi ini memiliki cita rasa asam menyerupai buah namun rasa yang muncul setelahnya justru akan berubah menjadi manis. Uniknya karakteristik dari single origin yang satu ini membuatnya banyak digemari di pasar kopi dunia terutama untuk dijadikan campuran membuat house blend karena diakui mampu membuat racikan house blend yang sempurna.