H-Molex, Mobil Hibrid Tiga Energi Pertama Di Indonesia

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung (FTI Unissula) Semarang melakukan pengenalan perdana mobil hibrid “H-Molex” hasil karya dosen dan mahasiswa ke masyarakat luas di hadapan Gubernur Jawa Tengah, H. Bibit Waluyo, di pelataran kantor Gubernur, Jl Pahlawan, Semarang, pada 19 Juli 2012.

Pengenalan perdana H-Molex ini juga mendapatkan apresiasi tinggi dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai mobil listrik pertama yang memanfaatkan tiga sumber energi (matahari, gas, dan premium).

Penghargaan rekor MURI ini diserahkan kepada UNISSULA sebagai penggagas sekaligus pembuat mobil hibrid, KADIN sebagai pendukung produksi dan Gubernur Jawa Tengah sebagai pendukung program tersebut.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, menyambut baik pengenalan perdana H-Molex ini, karena selain merupakan hasil kreasi dan inovasi teknologi anak bangsa terutama yang ada di Jawa Tengah, mobil ini juga merupakan wujud nyata dukungan untuk program pemerintah dalam penggunaan energi alternatif dan solusi penghematan energi.

Pada kesempatan itu, Bibit Waluyo mencoba langsung mobil H-Molex mengelilingi halaman kantor Gubernur.

Setelah itu, mobil H-Molex diperkenalkan kepada warga kota Semarang dengan berkeliling kota.

“Ide harus terus disempurnakan sehingga menjadi bagian dari kemajuan Jawa Tengah,” kata Bibit Waluyo kala itu, dikutip dari Okezone.

Wakil Rektor II Unissula Gunarto berkata, Mobil H-Molex dirancang oleh mahasiswa dan dosen FTI selama kurang lebih enam bulan.

“Baterainya bisa bertahan selama empat jam. Ketika habis bisa diganti dengan gas. Kalau gas habis bisa diganti dengan bensin premium,” tuturnya.

Gunarto juga menambahkan bahwa karya dosen dan mahasiswa Unissula ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan akan diajukan untuk mendapatkan hak paten dari pihak berwenang.

Sebagai langkah awal, karya ini dicatatkan terlebih dahulu melalui MURI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here