Grup Band Autisme Indonesia Rebut Penghargaan di Hong Kong

Putera-puteri Indonesia dengan kebutuhan khusus, autisme, berhasil memenangkan 2 penghargaan pada ajang International Autistic Gala Talent 2016 yang digelar di Heung Yee Kuk Auditorium, Sha Tin, Hong Kong. Yakni, The Best Expression Award untuk kategori grup dan The Best Expression Award untuk kategori individuPada 26 November 2016 lalu.

International Autistic Gala Talent 2016 adalah ajang perhelatan musik akbar bagi individu dengan autisme untuk menunjukkan talenta dan kemampuan mereka di bidang musik. Ajang yang diselenggarakan oleh AnAn International Education Foundation Hong Kong ini mulai dihelat pada 2014 dengan fokus Asia. Namun tahun ini peserta dari negara-negara luar Asia seperti Amerika Serikat, New Zealand, dan Maldives
mulai tertarik turut meramaikan acara tersebut.

Tahun ini tercatat 115 peserta dari 70 negara mengikuti babak eliminasi. Sebanyak 20 finalis dari kategori individu dan grup masuk ke babak final di Hong Kong. Tercatat, 3 finalis asal Indonesia: Rivand Prananda dan Michael Anthony untuk kategori solo performance, serta The Chord untuk grup.

“Tim kami, The Chord, memenangkan The Best Expression Award untuk kategori grup dan pianis Michael Anthony memenangkan The Best Expression Award untuk kategori individu,” kata Arani Aslama, guru pendamping The Cord dari Yayasan Bina Abyakta.

The Chord merupakan band anak-anak dengan autisme yang terdiri dari Keken (keyboard), Rama (gitar), Joshua (bass), Owen (drum), dan Kezia (biola). Band ini diasuh guru musik Tito Soemarsono. Di ajang International Autistic Gala Talent 2016, mereka membawakan komposisi musik orisinil karya Tito Soemarsono berjudul “Indonesian Blues”.

Tahun ini merupakan kali kedua berturut-turut anak didik Bina Abyakta di bawah asuhan Tito Soemarsono memenangkan penghargaan bergengsi di ajang serupa. Pada tahun 2015, grup band The Spe.ed.ster 3 juga memenangkan The Best Rhythm Award dengan membawakan lagu Lady Madonna.

Penghargaan yang diperoleh putera-puteri Indonesia ini mendapatkan apresiasi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong. “Penampilan impresif mereka di atas panggung seakan menepis keraguan bahwa siswa penyandang autisme tidak mampu berkontribusi dalam mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Penghargaan Grand Award on Best Expression untuk kategori solo dan grup menjadi sebuah penanda sekaligus pencapaian tinggi bagi mereka. Pencapaian ini merupakan sebuah cerminan bahwa bintang-bintang kecil Indonesia, dengan segala keterbatasan mereka, mau dan mampu memberikan sumbangsih terbaik bagi keharuman nama Indonesia. Selamat dan Sukses untuk Rivand Prananda, Michael Anthony, dan The Chord Band,” ujar Konsul Muda Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Hong Kong Pangky Saputra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here