Gerakan Menduniakan Tempe Sebagai Makanan Khas Indonesia

Tempe sering dianggap makanan kelas bawah, tempe kalah pamor dibandingkan makanan khas Indonesia lainnya. Padahal banyak gizi yang terkandung, tempe memiliki sumber nutrisi penting bagi tubuh.

Untuk mengenalkan dan meningkatkan kesadaran bahwa tempe adalah makanan khas Indonesia yang kaya nutrisi, lahirlah sebuah gerakan bernama Indonesian Tempe Movement (ITM). Gerakan yang diinisiasi oleh Amadeus Driando Ahnan-Winarno ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran nasional dan internasional bahwa tempe sebagai makanan sehat, sumber nutrisi penting, dan potensial untuk bisnis.

Gerakan ini mempromosikan tempe dalam banyak cara, salah satunya melalui workshop yang diadakan ITM bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) pada bulan lalu. Workshop ini merupakan salah satu kegiatan ITM untuk mengenalkan tempe sebagai makanan khas Indonesia kepada dunia.

Seperti di kutip dari Antaranews.com, Ketua PPI Oxford, Sandoko Kosen, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya ITM untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa tempe adalah persembahan dari Indonesia untuk dunia.

Alasannya, tempe adalah solusi kebutuhan makanan sehat, enak, ramah lingkungan, dan memiliki aspek budaya yang kental. Dengan identitasnya yang unik, tempe memiliki potensi internasional untuk dikembangkan dalam bidang pangan, kesehatan, seni, dan bisnis.

Melalui workshop ini, peserta diharapkan menjadi lebih mengenal dan terinspirasi untuk mengembangkan usaha terkait tempe.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan-kegiatan ITM lainnya seperti konferensi internasional, publikasi buku tempe, dan pendaftaran tempe sebagai “UNESCO intangible heritage”, hingga pembinaan wirausaha tempe di penjara Cipinang, mahasiswa putus sekolah, dan tempat rehabilitasi narkoba.

“Kacang kedelai bersatu dalam tempe menyerupai kita bersatu dalam nama makanan, ilmu pengetahuan, budaya, dan seni” – Amadeus Driando Ahnan-Winarno, ITM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here