Gempa – Tsunami Palu dalam gambar: kehancuran, duka cita, harapan

Gempa dan Tsunami Palu dan Donggala yang menyebabkan Ratusan orang tewas kemarin, Korban mencapai 384 orang meninggal namun Donggala masih belum bisa diakses.

Seorang warga di Palu yang datang ke lokasi menyebut ‘semuanya habis, mayat bergelimpangan di mana-mana.’ Simak gambar-gambarnya yang lansiri dari berbagai sumber.

Image copyrightBNPBgempa tsunami Palu

Tsunami berlangsung singkat. Namun daya rusaknya sangat dahsyat. Menyapu apa saja, dan dalam sekejap meninggalkan lumpur dan puing.

Image copyrightGETTY IMAGEStsunami palu

Truk ini terbalik dihantam tsunami. Belum jelas bagaimana nasib pengemudinya.

Image copyrightTRIBUN TIMURKapal Perintis

Bukan cuma sepeda motor, mobil, truk, diterjang tsunami dan terhempas, lalu hancur. Bahkan kapal yang begitu besar trhempas ke daratan hingga setidaknya 70 meter, menubruk rumah penduduk. Kapal tak mengalami krusakan. karena waktu dihempas ke darat, dalam keadaan gelompang pasang. Namun rumah yang dihantamnya rusak. beum jelas apa ada korban.

Image copyrightBNPBRS Anutapura yang rusak akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

Hampir semua dari lima rumah sakit di dalam kota dan sekitar kota Palu mengalami kerusakan. RS Anutapura tergolong yang paling parah.

Image copyrightUGCBandara

Bandara Mutiara SIS Al Jufri sementara ditutup, dan baru dibuka untuk pesawat militer dan pesawat bantuan kemanusiaan serta tanggap darurat. Sebagian bagunan terminalnya mengalami kerusakan, dan 400 meter dari2400 meter landas pacu, rusak.

Image copyrightANTARAkorban tsunami

Bandara Mutiara SIS Al-Jufri ditutup sementara karena mengalami krusakan, baik di terminal maun di landasannya. Namun pelatarannya, halamannya justru sangat berguna bagi warga yang masih was-was akan datangnya gempa susulan. mereka menggunakan pekarangan bandara untuk pengungsian sementara.

Image copyrightMUHAMMAD RIFKI/AFP/GETTY IMAGESgempa tsunami Palu

Sementara mereka yang dirawat di rumah sakit, ditempatkan di pekarangan. Selain karena sebagian bangunan rusak, juga berjagaa-jaga dari kemungkinan gempa susulan.

Image copyrightMUHAMMAD RIFKI/AFP/GETTY IMAGESpalu

Sebagian dari ratusan korban tewas akibat tertimbun reruntuhan, saat gempa mengguncang menghancurkan bangunan. Sebagian lagi disapu tsunami yang daya rusaknya hebat. Bapak ini menemukan jasad seorang balita di balik puing.

Image copyrightMUHAMMAD RIFKI/AFP/GETTY IMAGESMUHAMMAD RIFKI/AFP/Getty Images

Gelombang tsunami yang begitu keras menghantam dan meratakan sejumlah bangunan. Juga meluluh-lantakan kendaraan. Penumpang di dalamnya sebagian besar tak berhasil menyelamatkan diri, ditemukan tewas beberapa lama kemudian.

Image copyrightAFP/GETTY IMAGESpalu

Hotel Roaroa yang berlantai 8 ini ambruk akibat gempa. Belum jelas, bagaimana nasib para tamu dan para staf hotel.

Image copyrightAFPA woman cries following an earthquake and a tsunami in Palu, Sulawesi island, 29 September 2018

Gempa dan tsunami ini membuat banyak keluarga kehilangan orang-orang tercinta: meninggal atau hilang. dan mereka yang kehilangan larut dalam isak tangis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here