Fotografer Difabel Indonesia Ini jadi Sorotan Internasional

Mempunyai keterbatasan tanpa lengan dan kaki. tidak membuat Achmad Zulkarnain patah semangat, dan dengan keterbatasan tubuh tak akan pernah menghentikan obsesinya untuk menjadi seorang fotografer andal.

Dia berhasil membangun bisnis fotografi yang berkembang pesat setelah ia menekuni minatnya pada bidang tersebut beberapa tahun yang lalu.

Kisahnya ini kemudian disorot media internasional Al Jazeera yang menceritakan kisah kehidupannya. Kecintaannya pria yang akrab disapa Dzoel ini terhadap fotografi dimulai setelah membeli sebuah kamera secara kredit, sambil bekerja di sebuah warung internet.

Dia mendirikan usahanya sendiri yang bernama DZOEL, dan dengan cepat menjadi sensasi di daerahnya. Dengan gangguan fisiknya, ia harus menemukan caranya sendiri untuk menggunakan kamera.

Mulai dari mendorong kamera ke wajahnya untuk mengubah ISO, fokus dan zoom, hingga menggunakan mulutnya untuk menghidupkan dan mematikan kamera. Dia juga memanfaatkan kulit lebih di ujung tangannya untuk menekan tombol shutter.

“Saya memiliki cara sendiri untuk melakukan sesuatu. Saya tidak ingin orang melihat gambar saya dan memikirkan siapa saya. Saya hanya ingin mereka melihat kreativitas saya,” kata Dzoel kepada Al Jazeera.

Mata tajamnya untuk sebuah gambar membawanya ke tempat yang menakjubkan, termasuk ke puncak Gunung Ijen, yang terletak 2.800 meter di atas permukaan laut.
?
Hasil fotonya pun mengagumkan. Achmad juga mengelola sebuah sekolah fotografi, dan mengajar fotografi. Saat ini, dia kembali ke sekolah untuk belajar gelar sarjana hukum, dan juga sedikit belajar  piano.

“Jika Anda ingin menjadi yang terbaik, hapus pemikiran bahwa Anda cacat. Anda tidak harus sempurna untuk menjadi yang terbaik dengan apa yang Anda lakukan,” katanya memberi pelajaran yang ingin dia bagikan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here