Finalis Miss Diaspora Ini Tak Sekadar Cantik Juga Mahasiswa Terbaik

Indonesia kembali bangga dengan prestasi anak bangsanya, kini seorang mahasiswi Tri Mulyani Sunarharum, Yani begitu biasa perempuan itu disapa berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia pendidikan Australia. Raihan positif itu dia bukukan kala namanya berhasil menjadi mahasiswa terbaik di Queensland University of Technology (QUT).

Dari prestasi itu menjadikannya mahasiswa internasional dan  mahasiswa Indonesia pertama yang mendapat penghargaan bergengsi tersebut.

Yani bersama 33 kontestan lain dari lima benua,  tengah mengikuti ajang Miss dan Mr Diaspora yang diadakan oleh Indonesian Diaspora Network (IDN) Global. ”Kegiatan ini adalah program rutin tahunan yang diselenggarakan serentak di seluruh benua seperti Asia, Australia, Eropa, Afrika, dan Amerika. Tujuannya tentu dalam rangka meningkatkan kecintaan pada Indonesia,” katanya seperti dikutip ABC Australia Plus.

Yani menjelaskan, keikutsertaannya dalam ajang ini tak lepas dari niat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sebab, siapapun yang terpilih, bakal menjadi duta negeri ini untuk menggemakan semangat dan budaya. Sehingga ketika dirinya dipercaya oleh IDN Australia untuk mewakili benua tersebut, dirinya tak bisa menolak.

”Tanpa pikir panjang saya ambil tawaran itu, meski waktunya sudah mepet untuk mendaftar. Saya menganggap ini sebuah amanah sekaligus kesempatan bagus untuk saya ke depannya bisa lebih berkontribusi untuk Indonesia.” katanya.

Kini Yani tengah menyelesaikan PhD di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota dengan penelitian mengenai perencanaan kolaborasi terkait penanggulangan bencana di DKI, dan dirinya berharap ilmunya akan diterapkan di Indonesia usai luslus nanti

Ajang Kontes Miss dan Mr Diaspora diikuti oleh mereka yang berusia 16 – 29 tahun dan masih berstatus single. Penjurian dilakukan oleh 30 orang dari lima benua.  Pengumuman pemenang rencananya akan dilakukan pada tanggal 3 Oktober nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here