FiIm Indonesia Ini Masuk Nominasi Di Ajang Oscar 2017

Potongan trailer film Surat dari Praha [Visinema Pictures/Youtube]

Film “Surat Dari Praha” terpilih mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi Academy Awards 2017 atau Oscar untuk kategori best foreign language film atau film berbahasa asing terbaik 2017.

Pemilihan film arahan sutradara Angga Dwimas Sasongko itu sudah melalui penilaian 13 profesional perfilman yang dibentuk sebagai komite seleksi. Pemilihannya juga sudah melalui tahapan yang sesuai dengan standarisasi Oscar, dan Film Surat dari Praha dipastikan akan mewakili Indonesia ke ajang Piala Oscar 2017

Film yang dibintangi Jullie Estelle ini menyisihkan empat kandidat film lainnya. Film tersebut adalah Aisyah Biarkan Kami Bersaudara, 3 Srikandi, Rudy Habibie, dan A Copy Of My Mind.

Surat Dari Praha bercerita tentang seorang tahanan politik yang diasingkan karena terkait Partai Komunis Indonesia. Film yang dirilis pada 28 Januari lalu itu memberikan sisi pandang baru tentang politik dan sejarah di era 1965 yang belum banyak diketahui masyarakat umum.

Dikutip dari cnn Indonesia, salah satu anggota Komite Seleksi Film, Sheila Timothy menjelaskan, Surat dari Praha ditunjuk sebagai perwakilan Indonesia karena memenuhi persyaratan Oscar. “Kami pertama lihat history kategori itu di Oscar, menemukan isu kemanusiaan yang paling disukai, bukan hanya sisi lokal tapi juga sisi internasionalnya. Film juga harus tayang minimal tujuh hari berturut-turut di kampung halamannya. ini juga mewakili Indonesia secara kecil, dan cukup tepat mewakili ke ajang Oscar,” kata Sheila.

Oscar Academy Awards bukan hanya ajang penghargaan tertinggi bagi insan perfilman Hollywood. Ajang ini juga membuka kesempatan bagi film-film dari luar Amerika melalui kategori Film Berbahasa Asing.

Indonesia sendiri mulai turut hadir di Oscar karena Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) diajak bekerjasama oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), penyelenggara Oscar pada 1987 silam. Dalam sejarahnya, film yang pernah dikirimkan adalah Cau Bau Kan, Alangkah Lucunya Negeri Ini, Nagabonar, dan terakhir pada Oscar 2015 adalah, Soekarno: Indonesia Merdeka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here