Festival Jenang Nusantara Solo Tarik Antusiasme Wisatawan

Festival kuliner khusus masakan jenis jenang digelar di Solo, Jawa Tengah. Festival ini masih termasuk dalam rangkaian puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Solo ke-272.

Puluhan menu masakan jenang ditampilkan di Ngarsopuro, Solo, Jumat (17/2/2017). dikutip dari Solopos, festival tersebut mengambil tema ‘Festival Jenang Nusantara’, event tersebut digelar sebagai bagian dari ucapan syukur untuk hari jadi kota pusat budaya Jawa tersebut.

rasa kebersamaan dan makna Bhinneka Tunggal Ika amat terasa saat puncak Festival Jenang Solo 2017, festival tersebut diadakan dalam rangka HUT Kota Solo ke-272.

Ribuan orang nampak antusias memadati area Ngarsopuro, Solo, agar bisa ikut bersama-sama hadir dalam perayaan kota sekaligus menikmati belasan ribu takir jenang yang disediakan panitia secara cuma-cuma. Takir adalah wadah yang terbuat dari daun pisang yang dibentuk secara khusus untuk mewadahi makanan dalam ukuran kecil.

Puncak Festival Jenang Solo 2017 diawali dengan kirab bersama dari kawasan Sriwedari menuju kawasan Pasar Ngarsopuro.

Jenang sangat lekat dalam budaya Jawa. Hampir setiap acara tradisi selalu dihadirkan menu jenang dengan kekhasan dan penamaan masing-masing. Namun maksud dari menghadirkan jenang selalu sama yaitu ungkapan rasa syukur atas nikmat dan rezeki yang diberikan Tuhan.

Dalam festival tersebut bukan hanya menu jenang khas Solo yang dihadirkan, jenang-jenang khas berbagai daerah di Nusantara juga dihadirkan. Hal tersebut memang menjadi salah satu tujuan acara, yaitu turut melestarikan menu kuliner tradisional agar tetap lestari dan tetap diingat oleh khalayak luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here