Festival Indonesia di Gelar Di Moskow

Panggung Festival Indonesia ke-2 di Moskow.
Laporan
Bina Bektiati dari Moskow
Festival Indonesia kedua yang diadakan di Hermitage Garden, Moskow mulai 4 hingga 6 Agustus 2017, menarik perhatian ratusan penduduk Moskow. Dalam acara pembukaan Festival, Jumat 4 Agustus, Duta Besar Indonesia untuk Rusia mengatakan bahwa pengunjung Festival tahun lalu mencapai sekitar 66 ribu orang. Antusiasme warga Moskow itulah yang membuat Festival pada tahun kedua ini diikuti oleh sekitar 600 orang peserta dari Indonesia, atau meningkat seratus persen dari tahun sebelumnya. Begitu juga dengan tempat-tempat pameran tahun lalu berlipat lebih dari dua kali lipat untuk tahun ini yaitu mencapai 70 lapak.
Suasana Pengunjung yang hadiri pembukaan Festival Indonesia ke-2 di Moskow.(Bina)

Beragam kebudayaan dan kesenian serta kerajinan juga kekayaan kuliner dipamerkan di lapak-lapak pameran yang ditata memenuhi salah satu taman kota di pusat Moskow. Salah satu ruang pamer yang banyak diminati pengunjung adalah praktek membatik. Sejak dibuka tengah hari, 4 Agustus ini, peminat yang mengantri belajar membatik, terus datang silih berganti tiada henti. Makin menarik perhatian, karena para peserta diperbolehkan membawa pulang hasil karya mereka.

Sementara itu, di panggung utama, tempat berlangsungnya acara pembukaan, ditampilkan beberapa tarian tradisional seperti tari dari daerah Bali dan Jakarta. Para penonton juga dihibur oleh gamelan yang pemainnya merupakan gabungan orang Indonesia dan Rusia. Cuaca musim panas Moskow yang cukup sejuk bagi orang Indonesia, membuat acara yang berlangsung di sore hari ini tetap diminati para pengunjung dari Moskow.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here