FEALAC DAY 2020, Indonesia Dukung Para Pengusaha Perempuan Untuk Terus Berkarya

Sejak September 1999, Forum of East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC) terbentuk  untuk meningkatkan kerja sama komprehensif dan dialog bi-regional. Kemlu bekerja sama dengan Femina selenggarakan seminar daring “Enhancing Women Entrepreneurship In the Midst of Covid-19: Stories from Indonesia and Latin America” untuk memperingati FEALAC Day sekaligus mendorong para pengusaha perempuan Indonesia untuk terus berkarya (16/10/2020).

Seminar daring ini merupakan inisiatif Indonesia dan komitmen Indonesia dalam mempromosikan nilai-nilai kebudayaan, kepemudaan, olahraga, dan isu gender selaku Co-chairs dari Working Group on Culture, Youth, Gender, and Sport (WG CYGS) pada organisasi FEALAC. Di masa pandemi COVID-19, pengusaha perempuan sebagai penggerak UMKM memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada roda perekonomian.
Pandemi COVID-19 menuntut para pelaku usaha untuk melakukan strategi ulang dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Hal ini tentu terkait dengan perubahan prilaku konsumen seperti peningkatan konsumsi buah-buahan selama konsumen berada di rumah, serta peningkatan permintaan produk secara home delivery. Hal ini diungkapkan oleh Co Founder Java Fresh, Swasti Adicita yang merupakan eksportir buah-buahan segar asal Indonesia.
Hal serupa juga dialami oleh CEO dan Co-founder KAMI, Istafiana Candarini yang bergerak di bidang produk busana muslim. Menurutnya, KAMI telah melakukan inovasi produk dengan memproduksi masker dengan teknologi khusus selama pandemi COVID-19. Pandemi ini juga menuntut mereka untuk melakukan optimalisasi fitur-fitur di platform digital.
Seminar daring ini juga menekankan bahwa pandemi COVID-19 menuntut para UKM untuk melakukan promosi melalui virtual exhibition serta menyediakan digital katalog minimal dalam bahasa inggris guna memperluas pasarnya ke negara-negara potensial. Salah satu virtual exhibition yang akan diselenggarakan oleh Indonesia adalah Indonesia Latin America and Caribbean Business Forum 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 9-11 November 2020. Melalui platform digital INA-LAC Business Forum 2020, pelaku usaha dapat mengikuti pameran produk secara virtual dan diharapkan mampu memperluas akses pasarnya ke kawasan Amerika Latin dan Karibia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here