Dubes Wening Promosikan Indonesia Dalam Pertemuan Tahunan Panorama World Club – Hongaria

Duta Besar RI untuk Hongaria, Y.M Wening Esthyprobo memberikan paparan singkat mengenai Indonesia saat memenuhi undangan Panorama World Club – Hongaria, Indonesia di jelaskan Dubes Wening sebuah negara kepulauan terbesar di dunia, yang memiliki keanekaragaman hayati, keragaman budaya dan keindahan wisata pada pertemuan tahunan Club tersebut. Selain menghadirkan Duta Besar RI sebagai pembicara utama, Klub mengundang pula Hikmat Rijadi, Ketua Indonesia Trade and Promotion Center (ITPC) Budapest dan Peter Bezi, pengusaha benda-benda seni serta Szuk Norbert pelukis asal Hongaria yang mempunyai perhatian khusus terhadap Indonesia.

Dalam paparannya, Dubes Wening memperkenalkan Indonesia secara komprehensif terutama dari segi keaneka ragaman budaya, keunikan daerah wisata dilengkapi dengan video pendek Wonderful Indonesia. Paparan nampak menarik perhatian sekitar 200 anggota Panorama World Club, yang baru lima orang diantaranya mengaku pernah berkunjung ke Indonesia. Sementara Ketua ITPC, melengkapi dengan memaparkan kesempatan berbisnis di Indonesia dan menjelaskan jenis-jenis produk Indonesia yang cukup diminati di Hongaria.

Untuk perkenalkan dan promosi Indonesia, KBRI Budapest juga mempersembahkan pertunjukan seni tari Satria dan Joget Bali diiringi musik rindik  serta menyajikan kuliner khas Indonesia yakni kue Lemper.

Antusiasme hadirin nampak jelas, ketika diakhir acara Dubes Wening dikelilingi oleh beberapa anggota Klub yang ingin mengetahui dan bertanya lebih jauh tentang Indonesia.  Selain menerangkan bebas visa kunjungan wisata bagi warga Hongaria, Dubes juga menyebut maskapai yang memiliki penerbangan langsung ke Indonesia.  Yang menarik, beberapa anggota Klub tampak sangat kagum dan memuji pakaian nasional yang dikenakan oleh Dubes Wening.  Menanggapi kekaguman tersebut, secara detail  dijelaskan bahwa kali ini beliau mengenakan kain Tapis Lampung, kerajinan tangan yang berasal  dari Provinsi Lampung, salah satu Provinsi diantara 34 Provinsi di Indonesia.

Panorama World Club sendiri merupakan sebuah klub yang banyak beranggotakan diaspora yang telah lama tinggal di luar Hongaria dengan mayoritas anggota Klub dari berbagai walk of life seperti: mantan pejabat, pensiunan yang memiliki hobby melancong, serta pengusaha. Saat ini, terdapat 200 klub di bawah Panorama World Club yang beroperasi di 85 negara. Klub ini sering menyelenggarakan berbagai pertemuan, konferensi dan acara budaya yang menyediakan kesempatan bagi semua anggotanya untuk mempromosikan potensi ekonomi yang digelutinya, peluang investasi dan usaha, daerah pariwisata dan budaya.

Pada pertemuan Panorama World Club tahun 2017 Indonesia menjadi tamu kehormatan setelah tahun lalu diisi oleh Duta Besar Algeria. Beberapa anggota Klub menyatakan rencananya untuk mengadakan perjalanan ke Indonesia guna lebih mendalami seni dan budaya Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here