Dua Peneliti Muda Indonesia Raih Penghargaan di Australia

Dewi Syahidah dan Riznaldi Akbar (memegang sertifikat) menerima Hadi Soesastro Prize 2016 bersama Menteri Luar Negeri Julie Bishop dan Albert Soesastro putra Almarhum Hadi Soesastro.

Dua oang peneliti yang juga mahasiswa doktoral Indonesia, yakni Dewi Syahidah dan Riznaldi Akbar, baru saja mendapat penghargaan ‘Hadi Soesastro Prize’ dari Pemerintah Australia, lewat lembaga ‘Australia Awards’. Atase Ronny Rachman Noor menghadiri acara penyerahan penghargaan tersebut dan menuliskannya untuk Australia Plus.

Menteri Luar Negri Australia The Hon Julie Bishop MP menyerahkan The Australia Awards Hadi Soesastro Prize kepada Dewi Syahidah yang sedang melakukan studi program doktor di James Cook University dan Riznaldi Akbar yang sedang malakukan studi program doktor di the University of Western Australia, pada tanggal 8 November 2016 bertempat di di Mural Hall Parliament House Canberra.

Dewi Syahidah yang bekerja di Pusat Penelitian Marikultur di Bali terpilih sebagai penerima penghargaan ini atas kontribusi penelitiannya dalam bidang akuakultur, sedangkan Riznaldi Akbar yang bekerja di bagian kebijakan fiskal Kementerian Keuangan terpilih atas kontribusinya dalam bidang ekonomi politik dan menajemen defisit.
Kedua pemenang 2016 The Australia Awards Hadi Soesastro Prize ini disamping menerima piagam penghargaan, masing masing juga menerima dukungan dana penelitian untuk mengembangkan karir di bidang yang selama ini ditekuninya maksimum sebesar A$ 25.000 atau sekitar Rp 250 juta.

Hadi Soesastro Prize mulai diinisiasi oleh pemerintah Australia pada tanggal 3 April 2013. Penghargaan ini diberikan untuk menghormati Prof. Hadi Soesastro imuwan Indonesia yang telah berperan besar dalam meningkatkan hubungan baik Indonesia dan Australia.
Pada tahun 2014 untuk pertama kalinya Hadi Soesastro Prize diberikan kepada Bimo Wijayanto yang pada saat itu adalah mahasiswa PhD dari University of Canberra yang dinilai telah memberikan kontribusi pada rekronstruksi pajak, pendapatan dan distribusinya di Indonesia.

Penerima kedua adalah Diana Setiyawati yang saat itu merupakan mahasiswa PhD dari Melbourne University yang dinilai telah memberikan kontribusi dalam mengembangkan kurikulum psikologi kerja di sektor kesehatan di Indonesia.

Penghargaan tahunan ini diberikan kepada ilmuwan dan peneliti muda Indonesia yang sedang melakukan program doktor dalam bidang yang cukup luas, yaitu meliputi ekonomi politik, hubungan ekonomi internasional dan juga pembangunan.

The Australia Awards Hadi Soesastro Prize yang merupakan bagian dari Australian Awards, diinisiasi dan dilaksanakan oleh Department Foreign Affairs and Trade (DFAT) ini diberikan pada ilmuan dan peneliti muda Indonesia sebagai penghargaan kepada almarhum Professor Hadi Soesastro yang dinilai sebagai ekonom dan pemikir yang sangat menonjol dan telah berkontribusi dalam pembangunan Indonesia dan pengembangan kerjasama di wilayah Asia-Pasifik.

Pemerintah Australia terus berupaya untuk dapat menjalin kerjasama pendidikan dengan pemerintah Indonesia termasuk didalamnya upaya untuk mengirimkan generasi muda Australia untuk menimba ilmu dan pengalamannya di Indonesia melalui program Australian Awards dan New Colombo Plan.
Pada akhir tahun 2016 mendatang jumlah mahasiswa undergraduate yang melakukan internship dan studi baik dalam jangka pendek dan jangka panjang mencapai 3000 orang sejak diluncurkannya program New Colombo Plan pada tahun 2014 sebagai pilot project. Dalam hal ini Indonesia menjadi negara tujuan studi terfavorit dibanding dengan 30 negara lainnya yang terlibat dalam program New Colombo Plan yang telah mengirimkan sebanyak 17.000 mahasiswa.

Disamping itu pemerintah Australia berkomitmen untuk meningkatkan jumlah penerima Australian Awards dari Indonesia untuk melakukan studinya di Australia.

Pemberian penghargaan Hadi Soesastro Prize ini dinilai memberi dampak besar dalam memicu semangat para mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studinya di Australia untuk menghasilkan pemikiran dan juga hasil penelitian yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan di Indonesia dalam bidangnya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here