Dua Pebalap Indonesia Naik Podium Asia Auto Gymkhana

Dua pebalap asal Indonesia, Adriyanzah Yunial dan Herdiko, berjaya di balap Internasional Asia Auto Gymkhana di Musi Banyuasin. Mereka naik podium mengalahkan pebalap asal India.

Pantauan detikcom, Minggu (1/12/2019) sedikitnya ada 28 pebapal mengaspal di Sirkuit Internasional Skyland. Adriyanzah dan Herdiko pun meraih juara 1 dan juara 2.

Keduanya naik podium setelah mencatat waktu tercepat. Untuk Adriyanzah pada Heat 1 mencatat waktu 01:57,671 detik dan Heat 2 01:58,379 detik. Kemudian Herdiko tercatat di Heat 1 02:00,423 dan Heat 2 01:58,055.

Pada urutan ketiga disusul pebalap India Vidit Jain. Vidit mencatatkan waktu pada Heat 1 02:02,269 dan Heat 2 01:59,693.

“Bersyukur hari ini dapat mencatatkan waktu terbaik ketika kita menjadi tuan rumah. Kami ucapkan selamat kepada pebalap yang berhasil mencatat waktu terbaik di ajang Internasional Asia Auto Gymkhana ini,” kata Bupati Muba, Dodi Reza.

Asia Auto Gymkhana ChampionshipAsia Auto Gymkhana Championship Foto: Raja Adil Siregar/detikSport

Dodi menyebutkan di penghujung tahun 2019 Sirkuit Internasional Skyland Muba susah menggarap dua event internasional. Mulai Gymkhana dan pada 7 Desember nanti Super Moto.

“Tahun 2020 nanti Muba siap menjadi panggung ajang balap level nasional maupun internasional, prinsipnya kita siapkan Skyland untuk seluruh pecinta otomotif,” katanya.

Menurut Dodi, Musi Banyuasin bertindak sebagai tuan rumah tidak hanya fokus penyediaan sarana dan prasarana serta fasilitas peserta saja. Tapi kenyamanan peserta hingga penonton dari berbagai kota dan daerah juga menjadi prioritas.

“Sudah beberapa kali event balap kami gratiskan tiket masuknya dan lebih lagi disiapkan pula angkutan bus gratis untuk menjemput penonton datang ke sirkuit. Kami ingin penonton senang dan nyaman saat menyaksikan event di sini,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Pusat Muba Auto Gymkhana Cup 2019 Siswanto Budi menyebut Musi Banyuasin sebagai salah satu magnet bagi pecinta otomotif. Hal ini karena berbagai event yang digelar di daerah tersebut.

“Saya katakan Muba memang surganya pecinta olahraga, ya khususnya pecinta otomotif. Kami bangga bisa menggelar dan mensukseskan balap internasional di sirkuit Skyland Muba,” kata Budi.

Menurutnya, event Asia Gymkhana dan Super Moto yang digelar pekan depan sangat pas dan pantas digelar di Skyland Muba. Sebab fasilitas di sirkuit ini sudah mulai lengkap.

“Sangat cocok digelar di sini, mulai dari sirkuitnya, warganya sampai ke semua fasilitas pendukung. Sangat layak untuk event Internasional,” katanya.

Adriyanzah yang ditemui usia balap pun mengaku bangga. Sebab pencapaian ini sesuai dengan targetnya saat awal-awal akan melaksanakan balap di Skyland.

“Sangat bangga dan ini sesuai targer di awal. Sirkuit ini juga sangat memacu adrenalin,” kata Adriyanzah usai balap.

Diketahui, di ajang balap Internasional Asia Auto Gymkhana ini untuk juara 1 mendapat hadiah Trophy dan uang 800 USD, Juara 2 uang 600 USD dan Juara 3 500 USD.

Adapun 28 pebalap dari 10 negara yang mengaspal di ajang Gymkhana adalah Jakasem-Jadjang (Thailand), Techeng-SCM Sokosal (Kamboja), Ho Ynwaverick-Wai Ming (Hongkong), Tseng Kun Yao-Chu Chin Yi (Taiwan), Nguyeh Hong Vinh-Truong Nam Thanh (Vietnam), Magendram Arunasalam-Mohd Shazly Farith (Malaysia), Ng Aik Sha-Lho Wei Min (Malaysia), Lim Boon Seng-Low Chor Yong Jeremy (Singapura), Kan Tsz Kong-Yap Hui Ching (Singapura), Vidit Jain-Ashad (India), James Sanger-Andriansya (Indonesia), Anggiana OHP-Ananta OHP (Indonesia), Hardiko-Rinaldo (Indonesia). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here