Dua Mahasiswa Unpad Juarai Kompetisi Duta Kampus SDGS Indonesia Kategori Kampanye Terbaik

Dua mahasiswa Universitas Padjadjaran memenangkan kompetisi Duta Kampus SDGs Indonesia 2020 kategori kampanye terbaik yang digelar secara virtual oleh Kementerian PPN/Bappenas RI, Kamis (17/12) lalu.

Dua mahasiswa tersebut yaitu Farhan Dwi Gandini (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) serta Andum Jameela (Fakultas Pertanian). Keduanya merupakan pemenang kompetisi Putra Putri Padjadjaran 2020 dan didapuk sebagai Duta Unpad untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Pada kompetisi itu, Farhan dan Andum mengangkat gagasan kampanye bertema “Smile the World”. Tema ini merepresentasikan bahwa seluruh dunia berhak merasakan kebahagiaan demi bumi yang lebih baik.

Dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad dijelaskan, gagasan ini berangkat dari permasalahan yang terjadi di kampus Unpad maupun di Jatinangor. Masalah yang berhasil dipetakan antara lain tingginya angka limbah plastik, tingginya limbah makanan, hingga masalah kesehatan mental dan pertumbuhan ekonomi.

Karena itu, gagasan “Smile the World” lahir untuk mendukung pencapaian SDGs khususnya di wilayah kampus Unpad di Jatinangor. Ada beberapa program kerja yang dimuat dalam kampanye itu, seperti Social Creativity of Business, Desa Hidroponik #PanganUntukSemua, Care for Others, tagar #MakanSecukupnya #HibahLimbahJadiAnugrah, dan Know Your Sea SDGs Unpad.

Kompetisi Duta Kampus SDGs Indonesia 2020 merupakan penghargaan kepada para Duta Kampus SDGs Indonesia yang memiliki program dan rencana terbaik untuk menjadi Duta Kampus SDGs. Tahun ini, kompetisi diikuti oleh 19 perguruan tinggi se-Indonesia