Dua Foto Karya Anak Muda Indonesia di Hari Jadi Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dalam rangka memperingati hari jadinya ke-75, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadakan pameran foto yang dipilih dari 50 ribuan foto dari para peserta di 130 negara di seluruh dunia. Foto-foto dengan fokus pada berbagi harapan dan impian untuk masa depan dunia dikemas dalam tema #TheWorldWeWant atau “Dunia yang Kami Inginkan”. Dari ribuan foto yang dikirim ke PBB, ada 75 foto yang telah dikurasi dan masuk daftar foto-foto yang dipamerkan.

Koleksi foto-foto ini merupakan “respon kreatif” atas seruan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk mendengar langsung dari orang-orang di seluruh dunia, tentang harapan dan impian mereka untuk masa depan. “Pada saat dunia menghadapi pandemi global dan ancaman besar lainnya, kita harus menggabungkan kekuatan lintas batas dan lintas generasi untuk bekerja sama demi masa depan bersama yang lebih baik. Pameran foto ini dapat membantu menginspirasi kita untuk tugas kolektif ini. ” kata António Guterres.

Foto-foto yang telah selesai dikurasi berhasil mengekspresikan rangkaian menakjubkan dari perspektif yang beragam dan menarik yang mampu menggambarkan secara visual ketahanan umat manusia dan harapan yang tak tergoyahkan untuk masa depan yang lebih cerah; kesadaran mendalam tentang keterkaitan kita; aspirasi yang dalam untuk kesetaraan, keadilan dan inklusi; dan rasa takjub akan keindahan alam dan kekuatannya untuk menopang semua kehidupan.

Bersama-sama, 75 gambar membentuk manifesto visual yang menggambarkan dorongan kolektif untuk melindungi, menyembuhkan, dan meregenerasi dunia kita, dan menunjukkan bahwa ada lebih banyak hal yang menyatukan kita daripada memecah belah kita. Foto-foto tersebut menyoroti kebutuhan mendesak bagi komunitas internasional untuk bersatu dalam tujuan bersama untuk mewujudkan realitas baru di mana semua orang dapat berkembang dalam perdamaian, martabat dan kesetaraan di planet yang sehat.

Menariknya, terdapat dua (2) foto yang diambil di Indonesia karya fotografer-fotografer Indonesia yang berhasil lolos. Foto yang pertama adalah karya Andika Oky Arisandi yang menggambarkan seorang lansia yang memegang sebuah instrumen musik ukulele yang membuatnya tertawa lepas. Pesan dari sang fotografer kepada dunia melalui foto tersebut cukup sederhana, yakni “I want the world to be full of happiness”. Sedangkan foto kedua diambil oleh Lety Liza yang memperlihatkan dua anak sekolah dasar berpegangan tangan berjalan menuju sekolah di sebuah pagi yang berkabut yang diikuti oleh ibu-ibu mereka di belakang.

Tak hanya itu, ternyata kedua foto luar biasa tersebut juga menarik hati sang sekjen PBB. Dalam sebuah tweetnya, pria dari Portugal tersebut menampilkan kedua foto dari Indonesia bersama dengan dua foto yang lain dari peserta negara lain.

Sumber Twitter @DTJani

Selain itu, foto keduanya juga muncul di halaman pertama gallery #TheWorldWeWant di tautan berikut https://news.un.org/en/gallery/663612. Selain itu, foto tersebut juga sudah dipamerkan di markas PBB di New York, AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here