Dosen Asal Indonesia ini Tergabung Dalam Board of Governors IALS

Prestasi tenaga pendidik untuk menghasilkan murid berpretasi terukir dalam kancah internasional, salah satunya Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair), Nurul Barizah S.H., LLM., PhD yang terpilih menjadi satu diantara sebelas akademisi hukum yang tergabung dalam Board of Governors International Association of Law School (IALS). Nurul dikukuhkan namanya setelah dipilih 85 persen anggota IALS.
Dari Indonesia, Nurul tercatat sebagai satu-satunya akademisi yang terpilih. “Saya nggak tahu parameternya apa. Awalnya dikirim e-mail bahwa masuk nominasi. Nggak menyangka juga karena saya pake jilbab. Dan, di luar, hal seperti itu sensitif,” terangnya kepada edupost.Nurul mengakui, selama tiga tahun terakhir, dirinya sering turut serta dalam forum diskusi IALS. Baik menjadi pembicara, moderator, maupun peserta. Dari forum-forum itulah, dia melakukan banyak transfer knowledge, bertukar ide dan gagasan seputar mengelola sekolah hukum.

Keanggotaan IALS berasal dari kampus-kampus besar di berbagai negara di dunia. Tampaknya ada nama dan kiprah salah seorang dosen dari UNAIR yang cukup diperhitungkan.

Nurul mengungkapkan, selama menjabat hingga tiga tahun ke depan, sudah ada tugas yang menantinya sesuai dengan charter yang dibuat. Salah satunya, mendiskusikan aktivitas yang dikerjakan asosiasi. Dalam satu tahun, ada setidaknya lima aktivitas. Yakni, forum asosiasi international para dekan, annual meetingleadership forumresearch forum, dan visiting lecture.

Aktivitas IALS terbagi mejadi empat region, yaitu American regionAfrican regionEurope region, dan Asia Pacific region. Setiap tahun ada diskusi masalah pendidikan hukum di region masing-masing. Forum itu lantas dibawa ke forum global, delegasi setiap region hadir di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here