DKI Jakarta Raih Urutan Tiga Besar di Sustainable Transport Award

Berita menggembirakan menghinggapi Ibukota. DKI Jakarta raih penghargaan sebagai salah satu dari tiga kota terbaik di dunia yang mampu melakukan perbaikan transportasi dan mobilitas kota. Informasi ini diinformasikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melalui akun Facebooknya pada 27 Juni 2019.Penghargaan tersebut dari ajang “Sustainable Transport Award (STA) 2019” sebuah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi yang dihelat di Forteleza, Brazil.

Indikator yang menjadi penilaian adalah visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dalam menerapkan sistem transportasi.

Tim juri dari STA berasal dari lembaga-lembaga internasional, seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI) dan lain-lain. DKI Jakarta meraih posisi ketiga setelah Pune, India dan Kigali, Rwanda. Selain itu, DKI Jakarta mengalahkan kota-kota besar di dunia, seperti Kingston, Kanada, Richmond, Amerika Serikat, dan Bogota, Kolombia.

“Jakarta sukses meraih posisi tiga besar atas konsep dan eksekusi integrasi antar moda transportasi publik, peningkatan akses pejalan kaki menuju stasiun dan halte, serta keberhasilan meningkatkan jumlah penumpang TransJakarta sebanyak dua kali lipat dalam waktu dua tahun,” kata Anies yang dikutip dari Suara.com.

Kemacetan di Jakarta juga mengalami penurunan besar dibanding 400 kota lain menurut penilaian TomTom Traffic Index 2018. Penghargaan tersebut diakui oleh Anies Baswedan menjadi hadiah ulang tahun Jakarta yang sangat disyukuri dan kerja keras para jajaran Pemprov dan BUMD untuk membangun Ibukota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here