Djoko Waluyo, Ketua Diaspora Indonesia Region Meksiko Tutup Usia

Djoko Waluyo Pakai Kaus Merah (Inset foto Redaksi)

Meski telah 37 tahun hidup di rantau, Djoko Waluyo, seorang diaspora Indonesia yang tinggal di Meksiko tak pernah memutus ikatannya dengan Indonesia. Hal itu terlihat dari upayanya menerapkan program pemberdayaan buruh migran di Indonesia agar mereka memiliki masa depan yang lebih sejahtera. Dalam pandangan Pak Djoko, nasib buruh migran Indonesia sama dengan kondisi di Meksiko, yaitu nyaris tanpa jaminan masa tua.

Sejak tahun 2000, pria kelahiran Surabaya ini memulai  usaha di bidang Konsultan Pengembangan Bisnis dan membantu KBRI Mexico City mengembangkan bisnis Indonesia dengan Meksiko dan negara-negara Amerika Latin lainnya. Bisnis tersebut dirintis bertepatan dengan tutupnya  Indonesian Trade Promotion Center ( ITPC) di Meksiko.

Sebelumnya, Pak Djoko merupakan eksekutif di berbagai perusahaan seperti Kendall,Co; Fisher Price; Ford; GM , Chrysler, Basset Walker, Nike, Hanes. Dia pernah memiliki perusahaan assembling MEXINDO yang mengerjakan produksi untuk perusahaan di Amerika Serikat menggunakan tenaga kerja Meksiko. Saat ini, Djoko merupakan ketua diaspora Indonesia region Meksiko.

Diketahui sosok Djoko Waluyo terkena serangan jantung saat penanaman pohon diaspora di Parung panjang, Bogor, dan menghembuskan nafas terakhir saat dilarikan ke RS Bethsaida Tangerang, Banten dalam usia 64 tahun, dengan meninggalkan seorang istri yang saat ini masih di Meksiko serta tiga orang anak,

“Kami atas nama pribadi,keluarga dan Gerakan Kebaikan Indonesia menyampaikan rasa duka kami yang mendalam. Semoga almarhum khusnul khotimah dan diterima semua amal dan ibadahnya. Dan tentu saja kita semua kehilangan seorang sahabat yang telah berjuang dengan gigih untuk Dwikewarganegaraan,” ujar Nusantyo Setiadi sebagai Ketua Umum GKI. Gerakan Kebaikan Indonesia merupakan organisasi yg ikut memperjuangkan diterapkannya kewarganegaraan ganda bagi para diaspora dan keluarga kawin campur,

Selamat Jalan Pak Djoko…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here