Diaspora Indonesia di UK Promosikan Budaya dan Makanan Melalui Indomarket

Berawal dari sulitnya sosok Sisca Dunworth, seorang diaspora Indonesia di Wales mendapatkan makanan khas tanah air Indonesia, “dulu awal 2003 saya datang ke London sulit sekali mencari makanan indonesia, bahkan sering nitip sama teman teman dari Indonesia yang ada disini” ujar Sisca yang lahir di Balikpapan Kalimantan.

Dari kesulitan tersebut membulatkan keinginannya, untuk mempromosikan berbagai makanan Indonesia di Inggris Raya. Awalnya di tahun 2007 Sisca bersama sang suami mencoba menyelenggarakan Indonesian Breakfast di Qatar yang disambut baik oleh Duta besar Qatar dan para Expatwoman di Qatar.

Setelah mencoba mempromosikan kuliner Indonesia di Qatar 2010, Sisca kembali melanjutkan berkeinginan promosiin Indonesia 2011, dengan memulai membuat Association women of Indonesian in Wales (AWIW) mengumpulkan ibu – ibu Indonesia di Wales dengan tujuan bisa saling silaturahmi sesama Diaspora Indonesia dan bisa merasakan masakan Indonesia.

Tahun 2017 Tidak hanya promosi lewat pengenalan budaya & makanan, Sisca juga mengajarkan anak-anak di sekolah lokal Llanrhidian di Wales bagaimana cara memasak makanan indonesia. Pada kesempatan tersebut sekaligus mempromosikan Indonesia dengan menjual produk kerajian Kalimantan bernama Siscabell Borneo Gallery di festival di Wales.

Hingga pada tahun 2018 dirinya membuat Indonesian Wales Assosiasi (IWA) bersama PPI Wales & KBRI London untuk membantu semua kalangan masyarakat Diaspora Indonesia, juga anak keturunan dan termasuk masyarakat Wales yang punya hubungan dengan Indonesia.

Membantu WNI dan menjembatani para Diaspora Indonesia dengan KBRI London.

Tahun 2019 Sisca beserta Diaspora Indonesia di Wales menyelenggarakan Indonesian Wales Festival pertama bersama Masyarakat Indonesia di Wales disponsori oleh KBRI Inggris raya. Acara juga dihadiri oleh para warga lokal, acara tersebut memperkenalkan pakaian daerah yang diisi oleh anak – anak kawin campur, masakan Nusantara yang di masak oleh para wanita di Wales serta persembahan  tarian Kalimantan.

Dimana awal 2021  pembentukan organisasi di Wales penyatuan AWIW dan IWA menjadi ISW dibentuk bersama dengan Masyarakat di Wales = Indonesia society in wales, bekerja sama dengan lembaga lokal bernama  Citizen Advice Bureau meneruskan visi dan misi membantu para WNI untuk informasi peraturan – peraturan baik itu inggris dan peraturan Indonesia.

Hingga pada tahun 2021 juga, Sisca bersama Diaspora Indonesia dan  tim KBRI London berdiskusi bagaimana mengumpulkan para UKM Diaspora Indonesia di Inggris Raya yang punya misi yang sama mempromosikan Indonesia baik itu makanan, kerajinan dan Jasa.

Sesuai dengan niat dan keinginan besar dari lubuk hati yang terdalam, untuk  mempromosikan Indonesia, Sisca berhasil mendaftarkan usaha kecil miliknya menjadi legal dengan nama Indo Market Ltd dengan konsep menjual produk – produk Indonesia.

Indo Market Ltd., didaftarkan pada tanggal 8 Februari 2021 atas nama Siska Dunworth sebagai Founder – Director dan pemegang saham.  Perusahan Limited Guarantee ini adalah pedagang umum (general trader). Penjualan produk produk buatan Indonesia dari beberapa provinsi di Indonesia yang akan dipasarkan di seluruh Inggris Raya. Pengiriman logistik berupa laut, darat dan Udara dan penjualannya melalui online.

Ke depannya Sisca berharap semoga Indo Market LTD bisa bermanfaat dan memajukan Indonesia dalam bidang ekonomi, juga membantu mengenalkan Indonesia lebih dekat lagi kepada dunia Internasional khususnya di Inggris Raya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here