Diaspora Jerman Hasilkan Puluhan Ide Inovatif Bagi Indonesia Berkelanjutan

Sejumlah Diaspora Indonesia di Jerman mengikuti kompetisi ide dan inovasi tentang kehidupan berkelanjutan pada Pitching Nation 2020. Acara ini berlangsung secara virtual pada 14-15 November 2020.

Pitching Nation 2020 merupakan kegiatan tahunan Earthling Indonesia yang diselenggarakan melalui kerja sama dengan KBRI Berlin. Acara ini menjadi wadah bagi seluruh diaspora Indonesia di Jerman untuk menyampaikan ide dan inisiatif khususnya terkait tentang isu kehidupan berkelanjutan. Tema Pitching Nation 2020 adalah “Environmental Protection through Sustainable Consumption, Industry, and Energy dengan fokus Digital Economy, Green Technology dan Renewable Energy”.
Saat membuka kegiatan, Dubes RI Berlin, Arif Havas Oegroseno menyampaikan apresiasi kepada Earthling Indonesia. Ia menilai bahwa Earthing Indonesia telah berhasil mengumpulkan banyak ide dan gagasan dari putera-puteri bangsa. Tidak hanya yang ada di Jerman, akan tetapi juga dari Indonesia dan negara-negara lainnya.
“Saya bangga saat ini banyak anak muda kreatif. Ide dan inovasi mereka untuk mengajak masyarakat membangun Indonesia yang lebih hijau tentu saja menjadi kontribusi besar bagi bangsa kita. Ini adalah wujud kepedulian para diaspora untuk bersama membangun Indonesia yang semakin peduli terhadap lingkungan hidup”, ujar Dubes Oegroseno.
Earthling Indonesia merupakan organisasi diaspora muda Indonesia di Jerman yang berfokus pada lingkungan hidup dan gaya hidup berkelanjutan. Earthling Indonesia juga merupakan aktor BNE (Pendidikan untuk Perkembangan Berkelanjutan) UNESCO di Jerman.
Setidaknya terdapat 40 ide inovasi yang terangkum melalui kegiatan ini. Setiap peserta diberikan waktu sekitar 180 detik untuk memaparkan idenya. Ide-ide tersebut menyoroti berbagai aspek kehidupan berkelanjutan. Di antaranya terkait dengan inisiatif sosial, rencana bisnis, proyek penelitian, pengembangan produk, strategi pemasaran, rencana infastruktur, kampanye penyadaran publik serta inisiatif pembelajaran.
Juri pada kompetisi tahun ini adalah Prof. Dr. Ir. Hadi K. Purwadaria, M.Sc, Founder Business Technology Incubator IPB, AIBI, ASEAN Business Incubator Network; Dr. Roni Susman, Dr.-Ing. in Urban and Regional Planning, Dr. Dimas Abdirama, Manager at Big Four Consulting Firm, dan Hans Himawan, TechBros GmbH.
Pemenang kesatu Pitching Nation 2020 adalah Muhammad Raffly dengan presentasi tentang “Microgrid Power Station for Powering Secluded, Outermost and Small Islands”. Pemenang kedua diperoleh oleh tim CAI Project dengan judul prsentasi “Rainwater Harvesting, IoT, and Mobile App”. Sedangkan pemenang ketiga adalah tim the Earth Keepers yang membuat rancangan proyek tentang “Reverse Vending Machine: Made in Indonesia”.
Saat mengumumkan para pemenang, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Prof. Dr. Ardi Marwan juga menyebutkan bahwa masing-masing pemenang diberikan gelar sebagai Innovator of the Year 1, 2 dan 3.
Penyelenggaraan kompetisi Pitching Nation 2020 juga didukung beberapa pihak. Antara lain adalah Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi, Kementrian ESDM, Direktorat Jendral EBTKE, GIZ Indonesia, TechBros GmbH, IndoHub e.V., Lentera Bumi Nusantara dan PT Agrinas. Banyaknya pihak yang mendukung acara ini memberikan optimisme bahwa ide dan inovasi yang muncul akan dapat diwujudkan dalam aksi nyata.
Di hari kedua, Pitching Nation 2020 dilanjutkan dengan kegiatan Networking Session. Hal ini dimaksudkan untuk membangun konektifitas antara diaspora peserta kompetisi dengan para pihak di Indonesia dan di Jerman. Di sana dibahas langkah tindak lanjut untuk merealisasikan ide-ide yang dihasilkan dari kompetisi ini. Juga hadir pada acara ini antara lain Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud RI, Dr. Ahmad Saufi, Ketua Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia (IASI) Jerman, Dipl. -Ing Toga Panjaitan, wakil dari TechBros GmbH, Dr. h.c. Dipl. -Ing. Husni Suwandhi serta para juri dan pihak pendukung kegiatan Pitching Nation 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here